Yuhelmi: E-Planning Juga Diterapkan untuk Pokir Anggota DPRD

Yuhelmi: E-Planning Juga Diterapkan untuk Pokir Anggota DPRD

Duri, AmiraRiau.Com-Untuk mendukung dan peningkatan kualitas perencanaan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah menerapkan proses perencanaan berbasis elektronik.

Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Yuhelmi mengemukakan itu saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bathin Solapan, di aula lantai IV Surya Hotel Duri, Jum’at, 8 Februari 2019.

Kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa itu, proses perencanaan berbasis elektronik atau yang lebih dikenal sebagai e-Planning, merupakan media yang digunakan untuk membantu penyusunan dan merumuskan berbagai program dan kebijakan.

Melalui e-Planning ini, sambung Yuhelmi, seluruh usulan desa/kelurahan di input ke dalam sistem yang menjadi kewenangan Pemkab Bengkalis.

Kemudian, diverifikasi serta dievaluasi dan dibahas dalam tahapan proses perencanaan, baik di Forum Perangkat Daerah hingga ke Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) Kabupaten Bengkalis tahun 2020.

Masih menurut Yuhlemi, mekanisme tersebut juga akan diterapkan pada Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD Bengkalis. Setiap Pokir anggota DPRD Bengkalis, jelasnya, akan dituangkan dalam bentuk program kegiatan dan diinput ke dalam e-Planning sampai seminggu sebelum Musrenbang RKPD Kabupaten Bengkalis tahun 2010 dilaksanakan.

Selanjutnya, verifikasi dan singkronisasi akan dilakukan seluruh Perangkat Daerah bersama Bappeda terhadap semua usulan dengan program kegiatan prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkalis tahun 2020.

“Musrenbang RKPD Kabupaten Bengkalis tahun 2020 direncanakan diselenggarakan 20 Maret 2019,” papar Yuhelmi, sebagaimana siaran pers yang diterima AmiraRiau.Com.

Selain Bupati Amril Mukminin, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Plt Camat Bathin Solapan Auzar, sejumlah anggota DPRD Bengkalis juga hadir di permbukaan Musrenbang Bathin Solapan.

Adapun anggota DPRD dimaksud, diantaranya Hendri Hasibuan, H Abi Bahrum, Suprana, H Jasmi, Rianto dan Teguh Ibra.

Sedangkan Kepala Perangkat Daerah yang hadir, antara lain Kadis Kesehatan Ersan Saputra TH, Kadisdik Edi Sakura, Kadis PUPR Hadi Prasetyo, Kadis Sosial Hj Martini, Kadis Perkim dan Pertanahan Gendraya Rohaini serta Kadis Perikanan dan Kelautan H Herliawan.

Kemudian, Kalaksa BPBD H Tajul Mudarris, Kadispersip H Suwarto, Kadis Damkar Djamaludin, Kadis PMPSP Basuki Rakhmad, Kadis Ketahanan Pangan Syafrizan, Kepala Balitbang Emri Juli Harnis, Kepala Kesbangpol H Hermanto Baran, Kakan Satpol PP Jenri Ginting dan Kadis Kominfotik Johansyah Syafri.***

DPRD Bengkalis. (f: int)

Previous Resmi Jabat Ketua PGRI Bengkalis, Edi Sakura: Siap Melanjutkan Program Positif
Next Sekda Inhil Buka Musrenbang Kecamatan Enok Tahun 2020

About author