Yang Istimewa dari Paripurna Istimewa HUT Rohul ke-16

0

ROHUL, AMIRARIAU.COM-Ada hal istimewa dari rapat Paripurna Istimewa DPRD Rohul dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Rohul ke-16, Senin (12/10) sore.

Banyak Tokoh Riau yang hadir, selain Pelaksana tugas Gubernur Riau (Plt Gubri) Arsyadjuliandi Rachman, Ketua DPRD Riau Suparman, Bupati Rohul, Acmad, Tokoh Pemekaran Rohul, Yuherman Yusuf, juga hadir tiga pasang calon Bupati Rohul yang bakal bertarung pada Pilkada Desember nanti.

Tiga pasang calon itu, yakni Hafith Syukri-Nasrul Hadi dari nomor urut 1, Paslon Suparman-Sukiman dari nomor urut 2, dan Paslon Syafaruddin-Erizal dari nomor urut 3.

Ketiganya beberapa kali diperkenalkan ke undangan, baik oleh Tokoh Pemekaran Kabupaten Rohul Yuherman Yusuf dalam sambutannya, Bupati Rohul Achmad, Plt Gubri Andi, dan pimpinan rapat Zulkarnain yang juga Wakil Ketua DPRD Rohul.

Bahkan ketiganya diberi kesempatan bersalaman dengan Plt Gubri Andi di sela-sela Rapat Paripurna Istimewa DPRD menyambut HUT Rohul ke-16 tahun.

Dalam sambutannya, Tokoh Pemekaran Kabupaten Rohul Yuherman Yusuf mengatakan pemekaran Rohul dari Kabupaten Kampar pada 1999 silam patut disyukuri oleh masyarakat Rohul.

Menurut dirinya, pemekaran Rohul dari kabupaten induknya tak semudah membalikkan telapak tangan, namun memerlukan beberapa perjuangan hingga beberapa aktivis pemekaran harus berurusan dengan aparat.

Pada kesempatan itu, Yuherman Yusuf juga memperkenalkan beberapa tokoh pemekaran Kabupaten Rohul, baik yang hadir, tidak hadir, dan tokoh yang sudah meninggal dunia.

Pada sambutannya, Bupati Rohul Achmad sendiri lebih banyak meng-ekspos terkait keberhasilan dirinya memimpin Kabupaten Rohul selama sepuluh terakhir, baik dengan mantan Wabup Sukiman periode 2006-2011, dan dengan Wabup Hafith Syukri periode 2011-2016.

Achmad menyatakan selama sepuluh tahun memimpin, banyak perubahan sudah dilakukan, baik sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, infrastruktur, dan lainnya.

Achmad mengakui, selama menjabat, angka pengangguran dan angka kemiskinan turun. Termasuk menurunnya angka kematian bayi dan kematian ibu melahirkan.

Sedangkan Pimpinan Rapat, Zulkarnain, banyak mengekspos tentang keberhasilan program DPRD Rohul dalam satu tahun terakhir untuk pembangunan Kabupaten Rohul.

Politisi Partai Golkar ini juga menyampaikan tentang wacana yang akan dilakukan DPRD Rohul dalam mengangkat potensi obyek wisata Air Panas Hapanasan di Kecamatan Rambah. Ia mengungkapkan, agar obyek wisata ini diminati, perlu dilakukan peningkatan, serta sarana dan prasarana pendukung, seperti water boom.

Namun demikian, karena keterbatasan dana, untuk peningkatan infrastruktur diperlukan sharing budget melalui APBD Rohul dan APBD Riau. (Yus)