Warga Rohul Tumpah Ruah Saksikan Pawai Ta’ruf MTQ Ke 15

0

ROHUL,AMIRARIAU.COM – Warga Rohul yang berasal dari 16 kecamatan trumpah ruah ikut sebagai peserta pawai taaruf Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-15 tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2015, Rabu (8/4/2015) sore.

Peserta pawai taaruf dilepas oleh Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si, didampingi wakilnya Ir. H. Hafith Syukri MM, Ketua DPRD Rohul Nasrul Hadi ST,MT, Sekdakab Rohul Ir. Damri Harun, dan seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, termasuk unsur Forkompinda Rohul.

Pawai taaruf mengambil rute start dari depan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pasirpengaraian dan finish di lokasi MTQ di Purna MTQ Riau di Lapangan Dataran Tinggi Rantau Baih, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.

Beragam kesenian daerah dari 16 kecamatan juga ikut ambil bagian pada pawai taaruf, termasuk kalangan pelajat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum. Beberapa atraksi kesenian juga dipamerkan peserta kepada Bupati Rohul dan undangan yang berdiri di atas tribun kehormatan.

Pawai juga diramaikan mobil hias dari 16 kecamatan, termasuk belasan drumband dari perwakilan sekolah, serta Marching Band Bina Praja Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten rohul.

Saat melepas peserta pawai taaruf, dalam sambutannya, Bupati Rohul Achmad mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten bukan sekedar mencari bibit qori dan qoriah terbaik Rohul untuk dijadikan duta pada MTQ tingkat Riau tahun ini.

Namun, jelas dia, pelaksanaan MTQ lebih membumikan ayat Alquran kepada kalangan masyarakat di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk. Menurutnya, dengan membuminya ayat Alquran, Kabupaten Rohul bisa terhindar dari berbagai bencana.

Dalam membumikan Alquran, ungkap Bupati Achmad, Pemkab Rohul sendiri telah mencanangkan beberapa program keagamaan, seperti Program Maghrib Mengaji, Meramaikan Masjid, Shalat Zuhur dan Asar berjemaah bagi kalangan pegawai dan pejabat, serta sejumlah program lain.

Bupati Achmad mengharapkan, beberapa program keagamaan yang telah dicanangkan oleh Pemkab Rohul turut didukung oleh seluruh elemen masyarakat di daerahnya.

Masih bertepatan MTQ ke-15 tingkat Kabupaten Rohul tahun ini, Bupati Achmad juga mengharapkan masyarakat ikut mensukseskan hingga kegiatan berakhir pada Senin 13 April 2015 akan datang.

Sesuai jadwal panitia, pelaksanaan MTQ Rohul tahun ini akan dibuka oleh Bupati Rohul Achmad pada Rabu malam. Pembukaan even tahunan ini dipusatkan di Purna MTQ Riau di Kota Pasirpangaraian juga melibatkan sekitar 600 pelajar sebagai penari massal. (Adv/Hum/Yus)

 19 total views,  1 views today