Wako Pekanbaru Minta Warga Waspadai Pemicu Lahan Terbakar

0
6

Pekanbaru, AmiraRiau.Com-Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) sempat melanda sejumlah wilayah di awal tahun 2019, termasuk Kota Pekanbaru. Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT pun bereaksi. Ia mengimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Saya mengajak seluruh masyarakat, agar tidak bakar lahan lagi. Kita tentu tidak ingin kabut asap melanda,” papar Firdaus kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (6/1/2019).

Menurutnya, BMKG memprediksi Januari 2019 masih musim peralihan dari musim hujan ke musim panas. Maka ia mengimbau lingkungan di sekitar, khususnya yang terdapat lahan gambut. Lahan itu rawan terbakar saat dipicu api.

Firdaus juga mengajak masyarakat yang terlibat dalam masyatakat peduli api bisa cepar tanggap. Mereka bisa berkordinasi dengan BPBD Kota Pekanbaru dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru bersama instansi lainnya untuk membantu pemadaman lahan terbakar. “Pada tiap kesempatan saya ingatkan agar cepat tanggap terhadap lahan yang terbakar. Waspadai pemicu lahan terbakar, misal puntung rokok atau sampah yang terbakar,” tutur Politikus Partai Demokrat. (e2)

Firdaus. (f: tpc)