Wakil Walikota Pekanbaru Resmikan Kantor Layanan LazisMU di Kecamatan Tampan

0

Pekanbaru (AmiraRiau.com) – Untuk kesekiankalinya, Ayat Cahyadi, S.Si Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru resmikan Kantor Layanan Lazismu (KLL) yang ke 15 di Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Jalan Lobak No.44 Delima, Tampan, Pekanbaru pada Rabu (24/02/21).

Dalam kesempatan ini Ayat cahyadi menyampaikan dengan dibukanya KLL tersebut bisa memudahkan masyarakat untuk menunaikan zakat, infak dan sedekah secara syar’I dan secara regulasi melalui lembaga yang sudah mendapatkan status Baznas atau Laznas.

“Dan tentu dari penghimpunan zakat, infak sedekah disini selain tentu untuk membantu anak-anak kita disini yang sekolah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah ini juga masyarakat sekitar, nah tentu di tengah situasi pandemi covid ini bisa juga menjadi sebagai solusi untuk jangka pendek solusinya sembagIan karena banyak kena PHK, kalau kena PHK biasanya dari gajinya bisa langsung untuk beli beras Ketika di PHK tak ada uang untuk beli beras, nah dengan adanya kantor layanan ini ada uang misalnya infak masyarakat zakat masyarakat bisa disalurkan,” harapnya.

Lebih lanjut Hariyati, SE. M. E. Sy. Ak selaku Seksi Penganggaran zakat wakap Kemenag Pekanbaru mengatakan lazismu sudah tepat membentuk kantor layanan untuk menjangkau seluruh element masyarakat agar memudahkan masyarakat menunaikan zakat, infak dan sedekah.

“Gerakan zakat nasional itukan bagaimana masyarakat itu membayar zakat melalui lembaga resmi, nah Ketika sudah terbentuk layanan yang dekat dengan masyarakat secara otomatis gerakan ini sampai kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu Hj. Marianti M.Pd.I sebagai Kepala Sekolah MAM Pekanbaru menjelaskan tujuan dibentuknya KLL tersebut agar guru-guru, siswa, wali murid dan masyarakat sekitar MAM tersebut sadar bahwa zakat, infak dan sedekah merupakan kewajiban menjalankan syariat Islam.

“Kita ingin mengakomodir anak-anak di sekitar MAM ini supaya mereka bisa bersama-sama disini sekolah, walaupun misalnya dalam ekonominya yang tidak mampu, itu dalam sekala yang kecil, disekala besarnya kita ingin ada anak-anak yang dari luar daerah yang memang punya potensi untuk belajar tetapi mereka tidak memiliki ekonomi yang tidak bisa untuk melaksanakan pendidikan nah, dengan adanya KLL ini, kita ingin supaya mereka tidak terhenti pendidikannya,” jelasnya.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Pekanbaru, Dede Firmansyah bersyukur atas terbentuknya KLL yang ke 15 di MAM Pekanbaru sehingga ini bisa memudahkan masyarakat untuk menunaikan zakat, infak dan sedekah.

“Kami berharap tidak hanya Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) tetapi juga termasuklah lembaga-lembaga lain terutama masjid untuk segera mengurus izin untuk menghimpun dana zakat bisa melalui Baznas atau Laznas-laznas yang ada di Pekanbaru salah satunya melalui LAZISMU Pekanbaru, apalagi sebentar lagi tepatnya tanggal 13 April nanti sudah puasa,“ harapnya.

Ia menambahkan dengan banyaknya yang berzakat, infak dan sedekah tentuk akan berimbas kepada banyaknya msyarakat yang membutuhkan bisa dibantu.