Utang Pemerintah Rp 4.395 T, Luhut: Nggak Ada Masalah

0
3

Jakarta, AmiraRiau.Com-Utang pemerintah Indonesia per November sebesar Rp 4.395,97 triliun. Angka tersebut turun sekitar Rp 82,6 triliun dari bulan sebelumnya yang sebesar Rp 4.478,57 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa utang pemerintah Indonesia masih dalam batas wajar. Sebab, rasio utang pemerintah saat ini masih 29% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Ada yg bilang utangnya banyak, utang yang mana, utang kita itu masih 29% dari PDB kita, kita batas berutangnya sampai 60%,” jelasnya di markas detikcom, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018) kemarin, sebagaimana dilansir detikfinance.

Tambahnya, utang pemerintah Indonesia masih berada dalam zona aman. Sebab, masih banyak negara yang memiliki persentase utang yang lebih tinggi dari Indonesia.

“Negara-negara lain berhutang berapa, ada yang 60% sampai 100% dari PDB,” ujarnya.

Baca juga: Utang Pemerintah Sebulan Turun Rp 82 T, Tapi Setahun Naik Rp 467 T

Ia mengatakan bahwa rasio utang pemerintah Indonesia masih terjaga di bawah 30%. Bahkan, utang tersebut tidak bermasalah apabila dipakai untuk pembangunan infrastruktur.

“Kita masih maintain di bawah 30%, nggak ada masalah, kalau utang itu dipakai untuk barang-barang produktif juga nggak ada masalah, jadi barang itu dan proyek itu membayar sendiri utangnya,” tutupnya. (e2)

Ilustrasi. (f: int)