Usai Demo Tiga Hari, Buruh PT Hutahean Kembali Bekerja

0

ROHUL,AMIRARIAU.COM-Setelah sempat melakukan aksi mogok kerja dan demontrasi selama tiga hari sejak Senin (6/4/15) lalu, akhirnya karyawan dan buruh PT Hutahaean Dalu-dalu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), kembali bekerja seperti biasa pada Kamis Malam (9/4/15).

Informasi dari salah seorang karyawan menyebutkan, Rabu (8/4/15) sore telah keluar kesepakatan bersama antara manajemen perusahaan bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dengan para karyawan dan buruh.

”Sudah ada kesepakatan, Bang,” kata MA, seorang karyawan PT Hutahaean Kebun Dalu-dalu, Kamis.

Ribuan karyawan dan buruh PT Hutahaean menggelar aksi mogok kerja dan demontrasi di Kantor Kebun Dalu-dalu ditengarai karena adanya pemotongan gaji pokok pada Februari dan Maret 2015. Manajemen juga menghapus beberapa tunjangan, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan perumahan, dan tunjangan lainnya.

MA mengungkapkan adapun hasil kesepakatan bersama, yakni manajemen PT Hutahaean Kebun Dalu-dalu berjanji akan membayar kekurangan gaji pokok selama dua bulan (Februari dan Maret) secepatnya dalam bulan ini. Sedangkan untuk gaji bulan depan (Mei) akan dibayarkan sesuai yang telah ditetapkan.

Pria ini berterima kasih kepada manajemen PT Hutahaean karena komitmen akan membayarkan hak mereka. MA menyebutkan, bahwa pada Kamis malam, karyawan dan buruh yang bekerja di pabrik telah beraktivitas seperti biasa. Pasalnya, Rabu sore, beredar SMS, bahwa manajemen sepakat untuk membayar kekurangan gaji pokok mereka selama dua bulan.

Namun demikian, Humas PT Hutahaen Hendri hingga kini belum memberikan keterangan pemicu pemotongan gaji karyawan dan buruh selama dua bulan terakhir. Termasuk sejumlah tunjangan. Baik ditelepon dan dikirim pesan singkat, Hendri tidak juga membalasnya. (Yus)

 22 total views,  1 views today