TP PKK Pelalawan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis

0

PANGKALAN KERINCI (AMIRARIAU.COM) – Ketua Tim Penggerak PKK Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris mengatakan, Kanker Serviks merupakan kanker ganas nomor dua setelah kanker payu darah yang biasa diderita kaum perempuan.

Informasi ini diungkapkan Hj Ratna Mainar Harris saat memberikan kata sambutan dalam acara pencanangan program nasional gerakan pencegahan deteksi dini melalui pemeriksaan kanker serviks di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, Selasa (21/4).

”Untuk mengantisipasi jangan berkembangnya kasus serviks dikalangan perempuan di Pelalawan, maka kami dari TP PKK Pelalawan menggelar pemeriksaan kanker serviks secara gratis, yakni jumlahnya sebanyak 250 ibu masa subur di RSUD Selasih ini. Hal itu kita lakukan selain sebagai ajang kegiatan sosialisasi, juga supaya ibu masa subur di Pelalawan melakukan pemeriksaaan kanker serviks. Ini agar para ibu mengetahui dan dapat mengantisipasi lebih dini bila ditemukan kanker serviks tersebut,” tegas Hj Ratnai Mainar Harris.      

Sementara Bupati Pelalawan HM Harris dalam sambuatanya ketika menghadiri acara pencanganan program nasional pencegahan deteksi dini kanker serviks dihadapan peserta yang hadir mengatakan, kegiatan pencanangan sosialisasi dan pemeriksaan gratis kanker serviks dikalangan ibu masa subur di Pelalawan dilakukan sebagai bentuk peningkatan pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pelalawan.

”Dalam memberikan peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat di Pelalawan, kita minta pada petugas kesehatan di Pelalawan supaya proaktif dalam meberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang membutuhkan pelayanan pengobatan secara cepat. Jadi kalau ada warga menghubungi pihak petugas rumah sakit dan pihak Puskesmas yang ada disetiap kecamatan, supaya cepat turun dan membawa pasien yang butuh pengobatan tersebut,” ujar Bupati.

Usai menggelar acara pencanganan program nasional pencegahan deteksi dini kaknker serviks, Bupati Pelalawan HM Harris bersama Ketua TP PKK Pelalawan didampingi pengurus TP PKK, Kapolres Pelalawan AKBP Ade Johan H Sinaga S.Ik, Dandim Pelalawan-Kampar Letkol Yudi, Kadikes Pelalawan, Direktur RSUD Selasih Dr Ahmad Krinein, Kabag Humas Pemkab Pelalawan Farid Mukhtar dan Kepala Puskesmas se-Pelalawan langsung meninjau lokasi pemeriksaan kanker serviks secara gratis yang dilakukan Pemkab Pelalawan bersama TP PKK Pelalawan diRSUD Selasih.***(adv/hms)

 16 total views,  1 views today