Tingginya Antusiasme Warga Kunjungi Posko Kesehatan dan Pengungsian di DPW PKS Riau

0
33

Pekanbaru (AmiraRiau.com) – Sudah 12 hari terhitung dari 11 September 2019, DPW PKS yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta membuka posko kesehatan dan pengungsian untuk warga Riau yang terpapar kabut asap. Pelayanan yang disediakan terbilang lengkap, meliputi periksa kesehatan gratis, rumah oksigen, dan pengungsian.

Antusiasme warga yang datang untuk memeriksakan kesehatan sangat tinggi. Hingga hari ke 12, jumlah pengunjung mencapai 1.347 orang. Sedangkan pasien yang berobat mencapai 1.126 orang.

Sementara itu untuk pengungi berjumlah 265 orang. Mayoritas warga yang mengungsi anadal balita, ibh hamil, lansia, dan anak-anak yang tentan beresiko terganggunya kesehatan akibat terpapar kabut asap. Terlebih lagi kondisi kabut asap di Riau belum menunjukan tanda penurunan kadar ISPU.

Dari pantauan AmiraRiau.com pada Senin (23/09/2019) para pengungsi yang ada di posko ini dijamin kebutuhan logistiknya seperti obat-obatan, makanan, serta fasilitas lain yang membuat mereka merasa terlindungi dari bahaya kabut asap karena ruang-ruang di posko ini dilengkapi dengan AC dan penjernih udara.

“Di posko ini disiagakan dokter dan apoteker serta perawat yang piket 24 jam bergantian. Untuk pasien yang mengalami keadaan darurat, bila harus dirawat di Rumah Sakit akan kami antarkan dan fasilitasi seperti ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad dan Aulia Hospital”. Tutur Imron El Rosyadi selaku relawan di Posko Kesehatan dan Pengungsian DPW PKS kepada Amirariau.com

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Klimatologi lahan di Riau yang terbakar mencapai 7017 hektar yang dihitung dengan cara manual. Sehingga kabut asap semakin parah dan kadar ISPU yang tinggi. Hal ini menyebabkan gangguan kesehatan bagi banyak orang.

Berdirinya Posko Kesehatan dan Pengingsian di DPW PKS ini bisa turut mengatasi dampak buruk dari kabut asap yang melanda Provinsi Riau saat ini. (Amira)