Sipin, Wisata di Tengah Kota Cocok Saat Pandemi

0
Danau Sipin, wisata alam di tengah Kota Jambi. (Credit tittle : Zulfa Amira)

Jambi (AmiraRiau.com) – Terhitung Senin (24/05) kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 83 ribu kasus lebih. Tak pelak pemerintah makin memperketat guna menekan penularan. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, pelarangan mudik, hingga penerapan jam malam terus digencarkan.

Kendati pemerintah menghimbau penutupan berbagai area wisata, masih ada wisata yang masih bisa dikunjungi warga Kota Jambi.

Danau Sipin yang berada di tengah Kota Jambi bagaikan angis segar bagi warganya. Danau Sipin tak hanya alami, indah, juga dilengkapi berbagai fasilitas arena olah raga.

Berbagai macam arena olah raga

Arena panjat dinding di Danau Sipin Kota Jambi digunakan para atlet untuk berlatih. (Credit tittle : Zulfa Amira)

Olah raga baik bagi tubuh agar tetap vit. Saat pandemi, olah raga menjadi ‘pelampiasan’ positif untuk berkegiatan di luar rumah.

Danau Sipin memiliki berbagai arena olah raga seperti joging track, panjat dinding, arena skateboard, juga untuk olah raga air seperti dayung.

Kawasan Danau Sipin seluas hampir 90 hektare, panjang hampir 5 km tak hanya menyajikan pemandangan yang indah tetapi unik.

Joging track, arena skateboard, panjat dinding juga danau dengan arus yang terbilang tenang sehingga cocok untuk olah raga dayung.

Atlet panjat tebing rutin berlatih setiap Senin hingga Sabtu. Mereka yang berlatih panjat tebing tidak hanya orang dewasa, melainkan anak-anak usia 6 hingga 11 tahun.

“Kami senang bisa latihan panjat dinding di sini. Kami berlatih setiap hari kecuali hari Minggu,” kata Arya Putra (9), satu dari sekian banyak atlet yang berlatih pada Sabtu (23/05).

Para atlet tersebut dilatih oleh pelatih profesional dan didukung dengan peralatan yang aman.

Nuraini (47) yang sore itu sedang mendampingi putranya berlatih panjat dinding terlihat begitu antusias mengabadikan setiap moment yang dilalui putranya.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini. Saya juga bersyukur karena arena ini mudah dijangkau karena berada di tengah kota,” kata Nuraini.

Di sisi lain ada sekumpulan anak remaja berusia 11 hingga 20 tahun yang sedang berlatih skateboard. Arena skateboard yang tidak terlalu luas namun cukup menantang karena tersedia beberapa dinding selancar.

“Kami sangat suka ada arena ini, sebelumnya kami berlatih di jalan raya dan trotoar. Setelah ada arena ini, kami lebih leluasa untuk berlatih di arena ini tanpa mengganggu ketertiban umum,” terang Sulistio (14).

Yang tak kalah menarik adalah kegiatan berlatih para atlet dayung. Sore yang begitu tenang mereka manfaatkan untuk berlatih dayung.

Para atlet yang bernaung di bawah asuhan Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Jambi ini memberikan fasilitas seperti perahu dan kano untuk berlatih. Selain itu juga tersedia basecamp untuk menyimpan kano.

Atlet dayung yang terdiri dari remaja putera dan puteri tersebut terlihat asik berlatih sambil bercanda riang gembira dengan teman lainnya. Tak terlihat raut wajah takut sedikitpun. Yang terlihat hanyalah semangat dan kegembiraan.

Penggerak ekonomi masyarakat sekitar Danau Sipin Jambi

Masyarakat sekitar Danau Sipin memanfaatkan keramaian untuk mencari nafkah. Banyak warga yang menggelar dagangannya seperti aneka minuman, cemilan, siomay, pempek, dan banyak lagi.

Tak hanya menjajakan makanan, masyarakat sekitar juga berinisiatif untuk menyewakan perahu dayung, kapal kecil, hingga perahu motor untuk mengelilingi Danau Sipin.

“Saat akhir pekan, penjualan kami lumayan ramai dibanding hari biasanya. Pandemi boleh saja mengacaukan semuanya, tapi kami harus tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mampu bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan keluarga,” tutur Helmina (53) seorang single parent yang bergadang di sekitar Danau Sipin.

Danau Sipin yang direnovasi oleh pemerintah Kota Jambi beberapa tahun belakangan ini cukup menarik perhatian masyarakat. Kawasan wisata yang dilengkapi dengan fasilitas mencuci tangan di berbagai sudutnya ini juga terpasang reklame ajakan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat berada di Danau Sipin guna menekan penularan Covid-19.

Danau Sipin, wisata dengan fasilitas lengkap di tengah Kota Jambi. Di seberang danaupun terbentang pemandangan dusun dengan rumah panggung yang berjajar rapi juga bersih.