Shalat Idul Fitri dan Upacara HUT RI di Stadion Narasinga Rengat

RENGAT,AMIRARIAU.COM-Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1437 H dan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 71 akan dilaksanakan di Stadion Narasinga Rengat. Hal ini disebabkan Lapangan Hijau Rengat yang biasanya digunakan untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri dan Upacara HUT RI masih dalam tahap pengerjaan.

”Lokasi Shalat Idul Fitri 1437 H yang disiapkan Pemkab Inhu tahun ini sebenarnya sama dengan tahun lalu, yakni ada lima titik atau lokasi. Tetapi untuk Lapangan Hijau karena belum bisa digunakan, dialihkan ke Stadion Narasinga Rengat. Begitu juga upacara HUT RI tahun ini yang akan dilaksanakan di Stadion Narasinga Rengat,” ujar Wakil Bupati Inhu H Khairizal, Rabu (22/6) di Aula Bappeda dan Litbang Inhu.

Rapat koordinasi persiapan peringatan hari besar keagamaan Idul Fitri 1437 H dan HUT RI ke-71 ini juga dihadiri Komandan Kodim (Dandim) 0302 Inhu, Letkol Inf Mujibburahman Hadi serta perwakilan Polres Inhu dan pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Inhu.

Dijelaskan Wabup, lima lokasi Shalat Idul Fitri yang dipersiapkan diantaranya Stadion Narasinga Rengat, Halaman Kantor Bupati Inhu Pematangreba, Masjid Raya Ar Rahman, halaman Masjid Mukhlisin Rengat dan Masjid Ar Rahim Rengat.

”Apabila hari hujan, maka pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Stadion Narasinga Rengat akan alihkan ke masjid terdekat dan untuk rombongan Bupati Inhu bersama pejabat Forkopimda akan dialihkan ke Masjid Ar Rahim Rengat,” ucapnya.

Selain itu, pada malam menyambut Idul Fitri 1437 H, Pemkab Inhu kembali melaksanakan pawai obor, becak dan mobil hias yang diikuti SKPD dilingkungan Pemkab Inhu, perwakilan masjid dan mushalla di Kecamatan Rengat serta ormas.

Pawai obor, becak dan mobil hias ini akan mengambil start di depan Gedung Sejuta Sungkai Rengat dan direncanakan akan diperlombakan. ”Teknis mengenai rute serta daerah persiapan akan dibicarakan lebih lanjut secara bersama oleh pihak kepolisian, Pemkab Inhu dan TNI,” tuturnya.

Agar pelaksanaan pawai obor berjalan tertib dan lancar, Wabup juga minta sebelum pelaksanaannya terlebih dahulu diselenggarakan teknikal meeting, sehingga setiap peserta sudah mengetahui dimana posisi dan penempatannya. ”Dan yang tidak kalah penting adalah kesiapan ambulance dan tenaga medis, sebab seperti tahun-tahun sebelumnya, pawai obor akan lebih banyak diikuti anak-anak,” terangnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Inhu, H Abdul Kadir mengungkapkan bahwa petugas-petugas yang akan mengisi pelaksanaan Shalat Idul Fitri sudah diusulkan kepada Bupati Inhu melalui Bagian Kesra Setda Inhu. ”Kami hanya mengimbau nantinya kepada para jemaah membawa sajadah untuk pelaksanaan Shalat karena lokasi Stadion Narasingan jauh lebih luas dan besar,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Inhu, Armansyah mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan seleksi terhadap 38 calon anggota Paskibraka. Mereka akan mulai menjalani karantina pada tanggal 20 Juli mendatang atau selama 3 pekan.

Sedangkan untuk memeriahkan HUT RI ke-71, Pemkab Inhu akan menggelar sejumlah pertandingan diantaranya bola voli tingkat pelajar SMA se Kabupaten Inhu putra dan putri, lomba futsal tingkat pelajar SMA sederajat serta lomba gerak jalan yang merupakan agenda rutin tiap tahun.***

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar