Seorang Warga Pulau Burung Positif Covid-19

0

Indragiri Hilir (AmiraRiau.com) – Seorang warga Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali dinyatakan positif Covid-19. Pria berinisial UM (20) yang diketahui berasal dari Kecamatan Pulau Burung didiagnosa positif setelah menjalani tes SWAB tenggorokan.

Sebagaimana informasi yang disampaikan oleh Tim Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhil melalui press release resmi, Minggu (10/5/2020) sore, UM, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 juga diketahui merupakan santri asal Pondok Pesantren Al-fatah Temboro, Magetan, Surabaya, Jawa Timur.

“Saat ini, pasien UM tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Musa, Guntung dalam kondisi klinis baik,” tukas Ketua Tim Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhil, dr Alexis.

Dengan adanya penambahan 1 pasien positif berinisial UM ini, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Inhil kini mencapai 8 orang, yang mana 7 dalam perawatan dan 1 meninggal dunia.

“5 pasien dirawat isolasi di RSUD Puri Husada, Tembilahan. Sedangkan, 2 pasien lainnya dirawat di RSUD Raja Musa, Guntung,” ungkap dr Alexis.

Pasca dirilisnya hasil SWAB pasien UM, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil pun segera melakukan tracing kontak yang bersangkutan. Dalam upaya tracing kontak, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan pihak Puskesmas, Polres, Kodim dan tokoh masyarakat setempat.

Lebih lanjut, Dr Alexis berpesan kepada pasien yang dinyatakan positif Covid-19 agar senantiasa optimis dalam menghadapi paparan virus tersebut dan tetap semangat demi kesembuhan.

“Kami juga mengimbau kepada segenap masyarakat Kabupaten Inhil untuk tetap tenang, jangan panik dan tingkatkan kewaspadaan. Penting diperhatikan pola hidup sehat dan bersih dan selalu menaati imbauan pemerintah, khususnya tentang pembatasan fisik atau physical distancing,” tandas Dokter Spesialis Paru itu.

Sebagai tambahan, Data terbaru saat ini, PDP berjumlah 27 orang. PDP yang sudah dipulangkan dengan hasil negatif Covid-19 adalah sebanyak 20 orang. Sementara, total keseluruhan PDP adalah 48 orang. Sedangkan untuk jumlah ODP di Kabupaten Inhil secara keseluruhan adalah sebanyak 732 orang. Rls