Sekda Tutup Bimbingan Haji 2024, CJH: Terima Kasih Bupati Rohil

Foto bersama Sekda Rohil, Fauzi Efrizal S.Sos., M.Si, usai menutup bimbingan haji 2024

ROHIL, AmiraRiau.com- Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil), yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Rohil Fauzi Efrizal S.Sos., M.Si, secara resmi menutup bimbingan manasik haji tahun anggaran 2024 di Gedung Misran Rais, Jalan Utama, Bagansiapiapi, Rohil, Provinsi Riau, Rabu (8/5/2024).

Dalam sambutannya Sekda Rohil Fauzi Efrizal menyampaikan ucapan rasa syukur karena telah terlaksananya acara manasik haji tahun 2024 se-Kabupaten Rohil dengan jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) sebanyak 282 orang.

Sebelumnya acara ini sendiri telah dibuka secara langsung oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong pada Senin, 6 Mei 2024.

Selama bimbingan manasik haji 2024 yang dimulai sejak tanggal 5-8 Mei ini berlangsung, Sekda Rohil melihat begitu antusias serta disiplinnya CJH ketika sedang melaksanakannya, tentu ini merupakan salah satu pertanda akan terlaksananya ibadah haji yang lancar nantinya, dan semoga ibadah haji ini bisa berjalan dengan lancar, CJH diberikan kesehatan, serta selamat sampai tujuan dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga.

“Alhamdulillah kita bersyukur telah terlaksana bimbingan manasik haji tahun 2024 se-Kabupaten Rokan Hilir di mana dalam acara ini sebelumnya telah dibuka langsung oleh Bupati Rohil, dan tentu sama-sama kita lihat antusias dan disiplin Calon Jamaah Haji ini begitu luar biasa ini, dan ini merupakan suatu proses yang Insyaallah sebuah tanda akan berjalannya ibadah haji yang lancar nantinya,” tuturnya.

“Selain itu, harapan kita sebagai Pemerintah Kabupaten Rokan hilir semoga calon ibadah haji ketika berada di tanah suci nanti bisa selalu diberikan kesehatan, dilindungi oleh Allah dan ketika pulang nanti ke tanah air bisa selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga,” ujarnya.

Terakhir, Sekda Rohil menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dengan ini menyatakan bimbingan manasik haji tahun 2024 secara resmi ditutup.

Hamidi salah seorang CJH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Rohil dan dinas-dinas terkait karena telah memfasilitasi dan membantu memberikan bimbingan manasik haji kepada seluruh CJH.

“Kami selaku Calon Jamaah Haji mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Rohil terutama pak Bupati Rohil Afrizal Sintong dan dinas-dinas terkait karena telah memfasilitasi dan membantu memberikan bimbingan manasik haji kepada seluruh Calon Jamaah Haji. Semoga kebaikan kita semua diberikan balasan oleh Allah,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten  I H. Feri H Farya, Assisten II M. Nurhidayat, Assisten III Ali Aspar, Plt. Kakankemenag Rohil H. Khairul, Kadis Diskominfotiks Indra Gunawan yang diwakili Kabid IKP Juni Rahmat, Kepala DMPTSP Hj. Cici Sulastri, Forkopimda atau yang mewakili, Komisioner BAZNAS Rohil, Ketua DWP, Kepala OPD, Kantor di lingkungan Pemkab Rohil.

Sebelumnya kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Rohil ini melakukan praktek lapangan di Halaman Parkir Masjid Agung Al-Ikhlas, Jalan Utama, Bagansiapiapi, Rohil, di mana para CJH Rohil yang berjumlah sekitar 282 orang melakukan rangkaian pelatihan langsung rukun haji.

Sebagaimana yang dikatakan Plt Kakankemenag Rohil, H. Khairul bahwa rangkaian kegiatan manasik haji yang diajarkan sesuai rukun haji pada prakteknya yang pertama diajarkan bimbingan melakukan Ihrom yaitu berniat berhaji dengan pakaian Ihrom, lalu yang kedua Wukuf di Arafah, ketiga Mabid di Musdhalifah, kemudian keempat bermalam di Mina dan melakukan lempar Jumroh, lalu melakukan Tawaf Ifadhoh di Masjidil Harom, lalu melakukan Sa’i dari Safa ke Marwah dan terakhir melakukan Tahalul. “Maka setelah semua rangkaian kegiatan rukun haji dipraktekkan pada kegiatan manasik haji maka berakhirlah seluruh rangkaian pelaksanaan manasik haji. Jika dalam menunaikan ibadah haji, jamaah tidak melaksanakan salah satu rukun tersebut sebagai mana yang telah di bimbingan tersebut maka hajinya tidak sah,” kata Khairul.(rls)***

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar