Sejumlah Sekolah Kurang Peserta Didik, Pemko Pekanbaru akan Evaluasi Sistem PPDB

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution

PEKANBARU, AmiraRiau.com – Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri, akan dievaluasi Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Sebab dari hasil PPDB tahun ajaran 2024/2025, ada sejumlah SD dan SMP negeri yang kekurangan peserta didik.

“Untuk itu, nanti kita evaluasi titik-titik mana yang sekolahnya kurang diminati, dan di titik mana yang perlu dibangun sekolah baru,” kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (9/7/2024).

Ia menyampaikan, ada beberapa faktor penyebab kurangnya pendaftar di sejumlah sekolah di antaranya akibat penerapan sistem zonasi.

“Kalau dulu sebelum sistem rayon, kan dari mana saja bisa masuk (di sekolah tujuan). Kalau sekarang yang diterima hanya di rayon, sehingga anak-anak yang diterima hanya yang (berdomisili) di lingkungan sekolah,” ucapnya.

Kemudian faktor lainnya, lanjut Indra, ada sejumlah sekolah yang jaraknya terlalu dekat. Orangtua calon peserta didik lebih memilih memasukan anaknya ke sekolah yang dinilai lebih berkualutas dan bermutu.

“Khusus untuk peningkatan kualitas sekolah, tentu yang pertama (harus diperhatikan) sarana prasarananya,” ujar dia.

“Yang kedua, tenaga pendidiknya mesti kita upgrade, supaya kita setarakan, seragamkan. Sehingga ke depannya anak-anak Pekanbaru mau sekolah di mana saja, kualitasnya sama,” tutup Indra Pomi menambahkan.***

Penulis: Afnan, Editor: Abdul

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar