Sederet Tes dalam SKB CPNS, dari Psikotest hingga Forum Group Discussion

Sederet Tes dalam SKB CPNS, dari Psikotest hingga Forum Group Discussion

Jakarta, AmiraRiau.Com-Para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menjalani tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang relevan dengan dunia kerja.

Tes dimulai tanggal 8-12 Desember 2018 ini memiliki serangkaian tes, diawali dengan tes psikologi, tes dengan model Forum Group Discussion (FGD), kemudian wawancara psikolog.

Dalam FGD tersebut, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari lima hingga enam peserta. Mereka diberi kasus untuk diselesaikan secara bersama-sama.

Hal ini tentu memunculkan banyak perdebatan dan perbedaan persepsi untuk menyelesaikan masalah, namun melatih untuk menyatukan persepsi demi tujuan bersama.

“Memang agak rumit karena harus menyamakan persepsi enam orang berbeda, dan harus disetujui,” ujar salah satu peserta Dedi Rosadi, dikutip dari laman menpan.go.id, Senin (10/12/2018), sebagaimana dilansir okezone.com.

Tes yang berdasar pada kenyataan di lapangan tak hanya FGD, ada pula tes STAR. Pada tes ini, peserta diberi waktu 60 menit untuk menceritakan pengalamanya dalam menyelesaikan suatu masalah di satu kelompok atau organisasi.

Setelah itu, para peserta akan melalui tahap wawancara user yang akan diuji oleh para pejabat di lingkungan Kementerian PANRB, sesuai dengan posisi yang dilamar oleh peserta. Kemudian, menjalani tes praktik kerja komputer dan dilanjutkan dengan tes SKB dengan CAT (Computer Assisted Test) dan tes TOEFL.

Baca Juga: Tidak Banyak PNS Mampu Menduduki Jabatan Lebih Tinggi

Dengan serangkaian tes yang ketat diharapkan dapat menjaring calon ASN yang memiliki kualitas baik, kemampuan berkomunikasi dengan baik, serta kerjasama yang baik.

“Yang paling penting tes SKB diharapkan melahirkan ASN yang berintergitas, profesional, dan mendunia,” ujar Komisioner KASN Tasdik Kinanto. (e2)

Ilustrasi. (f: int)

Previous Plt Gubernur Riau dan Bengkulu Resmi Dilantik Jokowi
Next Sri Mulyani ''Pelototi'' Pejabat Daerah Bolak-balik ke Pusat Demi SPJ

About author