Sah! Hasil Sidang Isbat Malam Ini Pemerintah Tetapkan Idul Adha Hari Senin 17 Juni 2024

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki

JAKARTA, AmiraRiau.com – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan Hari Raya Idul Adha atau 10 Zulhijah 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Keputusan ini diumumkan oleh Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki usai Sidang Isbat penentuan 1 Zulhijah 1445 H di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (7/6/2024) malam.

“Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria, disepakati 1 Zulhijah 1445 Hijriah jatuh pada hari Sabtu 8 Juni. Dan Insya Allah Hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin 17 Juni,” kata Saiful.

Berdasarkan laporan hasil pengamatan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, posisi hilal telah terlihat di sejumlah titik lokasi. Posisi hilal sudah mencapai 7 derajat hingga 10 derajat 41,09 menit.

Kemenag mengamati posisi hilal awal bulan Zulhijah 1445 H di 114 titik di seluruh Indonesia. Pemantau hilal berasal dari petugas Kanwil Kemenag yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait.

Pemerintah menggunakan kriteria penetapan ketinggian hilal berdasarkan kesepakatan Menteri-menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura (MABIMS) dalam menentukan awal bulan hijriah.

Kriteria bulan baru dalam kriteria MABIMS ini adalah ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi atau sudut Bulan-Matahari 6,4 derajat.

Keputusan pemerintah ini sama dengan keputusan PP Muhammadiyah yang terlebih dulu menetapkan Hari Raya Lebaran Iduladha 1445 H akan jatuh pada Senin, 17 Juni mendatang. Keputusan Muhammadiyah ini ditetapkan berdasarkan kriteria Hisab Hakiki Wujudul Hilal.***

Editor: Alseptri Ady

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar