Rohul Miliki Batu Akik Khas Motif Batik Suligi

0

ROHUL,AMIRARIAU.COM – Batu akik bermotif Batik Suligi yang motifnya lebih spesifik dan menarik, kini sudah menjadi batu khas asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Dimana batu akik jenis tersebut kini banyak diburu warga untuk dijadikan cincin, bahkan diburu pencita batu dari berbagai daerah di Indonesia.

“Jelasnya, untuk batu akik motif Batik sementara waktu hanya ada di Rohul, dan belum ditemukan di daerah lainnya,” tegas Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Rohul, Drs Yusmar Yusuf M.Si, Kamis (25/3/15), di kantornya.

Bahkan diperkirakan Yusmar, potensi batu akik motif Batik banyak ditemukan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Bukit Suligi, di Kecamatan Tandun dan Kecamatan Rokan IV Koto.

“Tentunya, kita bangga memiliki batu akik khas yang bermotifkan Batik. Karena setiap orang beda selera motifnya. Batu itu bisa dipakai serasi dengan pakaian yang dipakainya, baik sebagai batu cincin atau aksesoris lainnya,” sebutnya.

Juga diakui Yusmar, bahwa ada kelebihan dari batu akik motif Batik, dimana salahsatunya kaya warna, seperti merah, merah muda, biru, putih, hijau, dan warna lainnya. Batu jenis ini sudah beberapa kalinya memenangkan kontes.

“Untuk batu motif tersebut disebut Batik, karena memang mirip kain batik,” terang Yusmar pula.

Bahkan selain batu akik motif Batik, batu akik motif Blue Rohul termasuk jenis Solar Rokan, juga lebih dulu mendunia. Malahan untuk jenis blue Rokan dan Solar Rokan, sudah beberapa kalinya juga menangi kontes batu akik di sejumlah daerah, malahan di luar Riau.(adv/Hms/yus)

 21 total views,  1 views today