Ricuh, Demo Ratusan Buruh PT Hutahean

0

ROHUL, AMIRARIAU.COM-Aksi demonsgtrasi ratusan buruh perusahaan perkebunan PT Hutahean kebun Dalu-Dalu, Tambusai, Kabupaten Rohul (Rokan Hulu), berlamngsung ricuh dan anarkis, Senin (6/4) siang.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian menyebutkan, bangunan kantor manajemen perusahaan, kaca pintu, meja kursi berikut peralatan administrasi dan barang berharga lainnya habis berantakan dirusak buruh.

Demo buruh PT Hutahean yang berasal dari 8 afdeling kebun milik pengusaha HW Hutahean itu menuntut agar uang tunjangan kesehatan dan keluarga serta tunjangan lapangan mereka yang dihapuskan sejak dua bulan terakhir, dibayarkan kembali oleh perusahaan.

”Kami sudah berkali-kali minta kejelasan dari manajemen perusahaan menyangkut tunjangan kesehatan dan keluarga serta tunjangan lapangan kami yang selama ini dibayarkan, tapi sejak bulan Februari dan Maret tidak dibayarkan lagi, sementara manager kebun PT hutahean tidak bisa memberi jawaban,” kata Amin, Syaiful, dan Ismail, perwakilan buruh, kepada wartawan di sela aksi demo.

Disebutkan mereka, sejak dua bulan terakhir saat menerima gaji, buruh tidak lagi menerima tunjangan kesehatan dan keluarga serta tunjangan lapangan yang besarnya berkisar antara 800 ribu sampai 1,4 juta, sesuai masa kerja buruh.

Karena tidak ada kejelasan, akhirnya buruh melakukan mogok massal dan berdemo di depan kantor kebun sejak Senin pagi. Akhirnya pihak manajemen menyampaikan bahwa masalah itu akan diselesaikan langsung oleh kantor Direksi dari Pekanbaru yang akan datang ke kebun Dalu Dalu.

Namun, karena ditunggu sampai pukul 14.30 siang pihak manajemen Direksi tidak juga datang, akhirnya massa yang sudah kesal merangsek masuk ke ruangan kantor manajemen kebun, sambil berteriak teriak minta Manager dan staf keluar.

Situasi menjadi tidak terkendali saat manager Kebun, Silalahi, tidak menggubris permintaan buruh, sehingga buruh menjadi semakin liar dengan memukul dinding dan memecahkan kaca serta merusak segala isi ruangan. Sementara Manager dan staf akhirnya lari terbirit-birit keluar menuju ke perumahan karyawan untuk menyelamatkan diri.

Sementara itu beberapa orang satuan pengaman {Satpam} PT Hutahean tidak bisa berbuat banyak untuk menghadapi kemarahan buruh. Tercatat semua kaca dinding beberapa ruangan kantor manajemen kebun hancur berantakan, belasan unit komputer dan laptop, meja kursi, kulkas serta peralatan lainnya juga dihancurkan.

”Kerugian sementara akibat kerusakan kantor manajemen ditaksir ratusan juta rupiah,” kata salah seorang staf kantor.

Manager Kebun Pt Hutahean, Silalahi, Kepala tata usaha, Simanjorang dan Humas, Hendri, S.Sos, tidak bersedia dihubungi wartawan untuk konfirmasi, kontak telepon dan SMS juga tidak direspon.

Sementara itu Kapolres Rokan Hulu yang dikonfirmasi melalui Kapolsek Tambusai AKP Yahya Harahap, membenarkan adanya demo buruh PT Hutahean kebun Dalu Dalu yang anarkis tersebut.

”Kita agak terlambat menerima informasi dari manajemen PT Hurahean itu adanya demo yang anarkis tersebut, tapi saat ini situasi sudah terkendali dan akan kita selidiki dan usut pengrusakan itu,” kata Kapolsek. (yus)

 17 total views,  1 views today