Ribuan Bibit Pohon Ditanam Serentak

0
Keterangan Poto : Penanaman bibit pohon endemik oleh siswa sekolah pada Senin (22/3). (credit tittle : tim WWF Jambi)

Jon Afrizal, Jambi

Ratusan murid dari tiga unit SD di Desa Cermin Alam, Teluk Kuali, dan Sako Makmur Kabupaten Tebo Provinsi Jambi melakukan aksi penanaman sebanyak 1.500 bibit pohon serentak di desa masing-masing. Penanaman ini dilakukan untuk memperingati Hari Air Sedunia pada tanggal 22 maret 2021.

Masing-masing sekolah turut mengundang 50 orang, yang terdiri dari pihak Kecamatan, Desa, Puskesmas, Kepala Sekolah tetangga, dan masyarakat sebagai Komite sekolah.

Sebelum dilakukan kegiatan penanaman ini, sekolah membangun tree nursery yang bibitnya di dapat dari BPDASHL BATANGHARI JAMBI pada tahun 2020 lalu yang di jembatani oleh WWF Indonesia. Bibit-bibit ini adalah tumbuhan endemik di Provinsi Jambi.

“Pada tahun 2021, sekolah melakukan tree planting sebagai upaya rehabilitasi lahan skala kecil,” kata manager WWF Indonesia wilayah Jambi, Zainuddin, belum lama ini.

Kegiatan ini, katanya, adalah salah satu dari usaha-usaha menjaga lingkungan yang dilakukan oleh sekolah secara partisipatif.

Setelah dilakukan penanaman, pihak sekolah dan desa berkomitmen untuk merawat bibit pohon-pohon ini agar tetap tumbuh dan dapat memberikan manfaat di kemudian hari.

Bibit-bibit pohon ini akan diambil data pertumbuhannya per empat bulan sekali. Ini dilakukan untuk memonitor pertumbuhannya.

“Jika ada bibit pohon yang mati akan diganti dengan bibit yang lain oleh sekolah,” katanya. *

 

 25 total views,  2 views today