RiauJadi Tuan Rumah Kongres JMSI 2020

0

Pekanbaru (amirariau.com) – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) taknkunjung terverifikasi oleh Dewan Pers. Akibatnya, sebanyak 21 Provinsi mengundurkan diri dari keanggotaan organisasi yang berafiliasi ke Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tersebut. Tak terkecuali Provinsi Riau.

“SMSI tidak dibubarkan. Tapi sebanyak 21 provinsi termasuk Riau menyatakan mundur karena kecewa, SMSI yang sekarang dipimpin Firdaus belum juga terverifikasi sebagai konstituen Dewan Pers. Karena itu, 21 Provinsi yang sudah menyatakan keluar dari SMSI mendeklarasikan pembentukan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang tetap berafiliasi ke PWI”, sebut Ketua SMSI Provinsi Riau H.Dheni Kurnia pada acara pertemuan dengan pengusaha media online di Teras Kafe Jalan Sumatera Pekanbaru pada Selasa (11/02/2020).

“Pendeklarasian JMSI di Banjarmasin dihadiri Menkominfo di Hotel Aryabarito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Selain itu turut hadir Pengurus PWI Pusat dan beberapa Dewan Kehormatan PWI Pusat. Dengan jumlah 21 provinsi yang mendeklarasikan JMSI, secara kuota telah memenuhi syarat untuk mendirikan organisasi. Karena persyaratan pendirian organisasi menurut Dewan Pers adalah minimal 3/4 provinsi di Indonesia”, jelas Deni Kurnia

Dalam pertemuan yang dilakukan pada (11/02/2020), telah terbentuk beberapa strultur kepengurusan JMSI Riau, yaitu Dheni Kurnia sebagai Plt Ketua JMSI Riau, kemudian Luzy Diamanda sebagai Plt Wakil Ketua, Bambang Irawan Syahputra sebagai Sekretaris dan Tomy Swastika sebagai bendahara.

Untuk kongres JMSI yang pertama, Riau ditunjuk sebagai tuan rumah. Hal ini disambut baik oleh segenap pengurus dan anggota JMSI Riau.

“Alhamdulillah kita telah memilih pengurus sementara sebagai pelaksana tugas. Selanjutnya kita akan menyiapkan Musda untuk memilih struktur pengurus JMSI Provinsi Riau serta menyusun program kerja 5 tahun kedepan,” kata Dheni.

“Kita targetkan (Musda) bisa dilaksanakan sebulan atau dua bulan setelah pertemuan hari ini”, tambah Dheni Kurnia.

Selain melaksanakan Musda, sebut Dheni, Riau juga diminta sebagai tuan rumah penyelenggaran kongres pertama JMSI yang dijadwal pada Juli 2020 mendatang. Dalam Kongres tersebut, nantinya akan dipilih siapa sosok yang bakal menahkodai JMSI

Pada Kongres yang akan digelar di Riau pada tahun ini, akan dipilih siapa sosok yang akan memegang kepeminpinan JMSI.(Amira)