Resmi Dilantik Sebagai Anggota DPRD Riau, Tugas Negara Menanti Zulkifli Indra dan Mardianto Manan

0

PEKANBARU (AmiraRiau.com) – Zulkifli Indra dan Mardianto Manan sah dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Pergantian Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2024, Senin (18/1/2021). Pelantikan dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Riau, Yulisman.

Zulkifli Indra SH menggantikan Asri Auzar dari Fraksi Partai Demokrat yang mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Serentak 2020. Sedangkan Mardianto Manan menggantikan Konferensi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Serentak.

Saat membuka rapat, Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman mengatakan bahwa berdasarkan surat keputusan menteri dalam negeri Republik Indonesia Nomor 161. 14/3879 tanggal 16 November 2020 tentang pemberhentian anggota DPRD Provinsi Riau, maka Asri Auzar dari kedudukan sebagai anggota DPRD Provinsi Riau dari fraksi demokrat masa jabatan 2019-2024 disertai ucapan terimakasih atas pengabdian dan jasa jasanya selama masa jabatan menjadi anggota DPRD Provinsi Riau.

Sejalan dengan itu juga, berdasarkan surat keputusan menteri dalam negeri Republik Indonesia Nomor 161.14/4759 tahun 2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang peresmian pengangkatan PAW anggota DPRD Provinsi Riau sisa masa jabatan 2019-2024.

“Surat ini mengacu pada saudara Zulkifli Indra dari Fraksi partai demokrat diangkat secara resmi sebagai anggota DPRD Provinsi Riau terhitung mulai tanggal pengucapan sumpah atau janji,” terangnya.

Kemudian berdasarkan surat keputusan menteri dalam negeri Republik Indonesia Nomor 161.14/3874 tanggal 6 November 2020 tentang pemberhentian anggota DPRD Provinsi Riau atas nama saudari Komperensi dari kedudukan sebagai anggota DPRD Provinsi Riau dari fraksi PAN masa jabatan 2019-2024.

“Adapun penggantinya yaitu Mardianto Manan dari fraksi PAN diangkat secara resmi sebagai anggota DPRD Provinsi Riau,” tuturnya.

Setelah dilakukan pembacaan sumpah dan janji, maka Zulkifli Indra akan langsung menjabat sebagai Anggota DPRD Komisi V dan Mardianto Manan sebagai Anggota Komisi IV sekaligus menjadi anggota Banmus. “Semoga bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

Pelantikan PAW Zulkifli dan Mardianto Manan menambah daftar PAW di lingkungan DPRD Riau.

Empat dari total 6 orang calon PAW anggota DPRD Riau, sisa masa jabatan 2019 – 2024 telah dilantik menjadi anggota DPRD Riau. Mereka adalah PAW dari Fraksi Golkar, Gerindra, PAN, dan Demokrat. Tersisa dua calon dari Fraksi PKB dan Fraksi PDI P yang saat ini menunggu pelantikan.

Pelantikan pertama adalah Yanti Komalasari, dari Fraksi Golkar yang menggantikan Indra Gunawan Eet yang mundur karena maju Pilkada Bengkalis. Kemudian, Dona Sri Utami menggantikan Husni Thamrin yang mundur karena maju Pilkada Pelalawan. Keduanya dilantik beberapa waktu lalu.

“Dari 6 PAW tersebut, tinggal dua lagi yang belum dilantik, masih berproses di Kemendagri. Yakni dari Fraksi PKB dan Fraksi PDI P,” kata Sekretaris DPRD Riau, Muflihun.

Pria yang akrab disapa Uum ini mengatakan, dari Fraksi PKB, Misliadi akan menggantikan M Adil yang mundur dari DPRD Riau karena maju Pilkada Kepulauan Meranti.

Sementara itu, dari PDI-P adalah Piter Marpaung yang akan menggantikan Zukri. Zukri mundur dari DPRD Riau karena maju di Pilkada Pelalawan.

“Info terakhir, saat ini masih berproses di Kemendagri. Kenapa beda – beda jadwal SK-nya keluar? Karena memang usulan masuk ke sekretariat DPRD dari tiap – tiap partai berbeda – beda juga, jadi diprosesnya yang duluan masuk,” tukasnya.***

 30 total views,  1 views today