Reses, Sejumlah Legislator Bengkalis Kunjungi Dapilnya

Reses, Sejumlah Legislator Bengkalis Kunjungi Dapilnya

MEMANFAATKAN masa reses (istirahat bersidang), sejumlah anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Bengkalis mendatangi dapil (daerah pemilihan)-nya masing-masing. Sejumlah aspirasi dibawa oleh para wakil rakyat dari kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun itu.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis Dapil Bathin Solapan Mus Mulyadi, misalnya, mulai menyambut aspirasi masyarakat di Desa Boncah Mahang dan Desa Sebangar Kecamatan Bathin Solapan, Sabtu (30/03/2019).

Masa-masa reses merupakan masa penting untuk menjaring aspirasi masyarakat. Anggota DPRD Mus Mulyadi sebelum tanya jawab menjelaskan terlebih dahulu terkait reses serta fungsi kinerja komisi di berbagai bidang, terkait penyampaian tersebut semua dijelaskankan secara detail kepada masyarakat yang hadir sebanyak 700 lebih.

“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD Kabupaten Bengkalis setiap tahun. Setiap tiga bulan, anggota Dewan turun ke Dapil masing-masing untuk bertemu Masyarakat, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan”, kata Mus Mulyadi dalam sambutannya.

Dia menjelaskan, dari aspirasi masyarakat yang dihimpun selanjutnya akan dikumpulkan dan dibuat laporannya, kemudian diteruskan pada pimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. “Selanjutnya diteruskan ke Bupati melalui Bappeda Kabupaten, barulah di lanjutkan ke OPD terkait, Maka dari itu kegiatan reses sangat penting,” jelasnya lagi.

Pada Reses yang berlangsung selama 3 jam lebih tersebut Mus Mulyadi memberikan jawaban atas semua pertanyaan terkait keluhan warga selama ini. “semoga aspirasi masyarakat yang ditampung dapat diperjuangkan dan terealisasikan,” kata Mus Mulyadi.

Selanjutnya sekretaris DPRD Kab.Bengkalis Radius Akima berkesempatan juga menyampaikan sepatah dua patah kata terkait tugas pokok dan fungsi anggota DPRD yang di tuangkan dalam tatip DPRD.

Beberapa OPD yang di undang oleh Anggota DPRD Mus mulyadi juga menyampaikan program-program Bupati yang sudah tertuang di dalam Renja 2020. Hal ini sangat perlu untuk diketahui masyarakat, khususnya kec. Bathin solapan.

Saat Reses Anggota DPRD Dapil Bathin Solapan Mus mulyadi, didampingi Undangan beberapa Pejabat dari setiap Organisasi Perangkat Daerah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Bengkalis, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kab. Bengkalis, Sekretaris Dinas Sosial Kab. Bengkalis, Dinas Koperasi Kab. Bengkalis, Kepala Desa dan dari berbagai komponen perangkat Desa serta masyarakat Desa Boncah Mahang dan Desa Sebangar Kecamatan Bathin Solapan.

Agenda reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis, pada masa sidang pertama tahun anggaran 2019 masih berkesempatan melaksanakan reses dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat. Anggota DPRD kabupaten Bengkalis Syahrial melaksanakan reses di daerah pemilihan Kelurahan Batu Panjang Kecamatan Rupat pada (26/03/2019).

Menurutnya, reses dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat tersebut untuk menyusun serta menampung semua program serta usulan yang disampaikan oleh masyarakat setempat. Dalam penyampaiannya saat menerima beberapa usulan masyarakat, Syahrial selaku anggota DPRD Kabupaten Bengkalis menampung semua usulan serta akan dikoordinasikan ke dinas terkait.

Dari pantauan di lapangan, sebagaimana dirilis website resmi DPRD Bengkalis, yang hadir di lokasi acara sekitar 800 orang, masyarakat tampak khidmat mengikuti acara yang berjalan dengan lancar. Reses ini setiap 4 bulan sekali dilakukan dan wajib dilaksanakan oleh anggota DPRD Kab.Bengkalis dan bukan merupakan acara kampanye.

Syahrial menjelaskan “mulai dari 2014-2019 saya aktif melakukan reses tapi kali ini saya namakan reses akbar. Karena ini reses penghujung untuk masa bakti 2014-2019, ada laporan-laporan yang saya sampaikan kepada masyarakat baik itu yang sudah terlaksana maupun belum terlaksana dan mungkin ada harapan-harapan yang ingin saya sampaikan begitu juga masyarakat harapan-harapan yang ingin disampaikan pada saya tapi yang penting saya hadir sebagai anggota DPRD Kab. Bengkalis, khususnya dapil Rupat dan Rupat Utara ini harus memberikan manfaat pada bapak-bapak dan ibu-ibu diantaranya, kita bisa lihat sendiri hari ini macam mana pembangunan di Rupat ini walaupun terus dibangun tapi kita masih kurang,” ujarnya.

Prioritas program pembangunan untuk menjadi perhatian kita bersama dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis. Beberapa waktu yang lalu telah ditetapkan untuk melaksanakan kegiatan hampir 40 miliar itu lebih kurang total kegiatan jalan poros menuju Rupat Utara.

“Namun demikian kita jangan tinggalkan juga daerah sekitaran kita yang berada di Rupat Selatan ini. Semua usulan masyarakat akan kita akomodir melalui Dinas terkait agar semua bisa terealisasi dengan baik sehingga yang diharapkan masyarakat dapat terakomodir. Beberapa aspirasi akan kita perjuangkan semaksimal mungkin dari usulan dan aspirasi masyarakat, selama ini kita terus memperjuangkan pembangunan di daerah Ini khususnya kecamatan Rupat,” kata Syahrial.

Sementara di bagian lain, pimpinan DPRD Kabupaten Bengkalis Zulhelmi menghadiri Pencanangan Zona Integritas Kantor Pengadilan Negeri Kabupaten Bengkalis Menuju Wilayah bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), pada Rabu (27/03/2019). Di mulai dengan Pendeklarasian Pencanangan Zona Integritas, acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

Ketua Pengadilan Negeri Sutarno dalam sambutannya pencanangan pembangunan Zona integritas Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis dapat di publikasikan secara luas supaya semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal dan mengawasi dan turut aktif dalam program kegiatan reformasi birokrasi, kami tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan maupun masyarakat pengguna pengadilan.

“Kami pastikan tidak ada pungutan satu rupiah pun, kecuali yang dibayarkan ke Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Kepada rekan rekan media tolong kami di kritisi, kami diberikan masukan demi kebaikan nama Pengadilan Negeri Bengkalis, kami siap. dan, inilah mindset kita merubah, bagaimana kita merubah yang dulu kita minta di layani sekarang kita yang harus turun melayani,” katanya.

Bupati dalam hal ini di wakili Sekda Kab. Bengkalis mengatakan Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami ucapkan selamat dan tahniah, serta apresiasi yang setinggi tingginya kepada pengadilan negeri Kabupaten Bengkalis yang telah Mendeklarasikan Pencanangan Zona Integritas dan Penandatanganan Piagam Pencanganan Pembangunan Zona Integritas, sebagai komitment menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di kantor Pengadilan Negeri Kabupaten Bengkalis.

Pencanangan ini, selain merupakan bentuk implementasi dari pelaksanaan instruksi presiden Nomor 10 tahun 2016 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan Korupsi, juga merupakan perwujudan Nawacita Keempat Presiden Republik Indonesia bapak Ir. Joko Widodo, yakni Menolak Negara Lemah Dengan Melakukan Reformasi Sistem dan Penegakan Hukum yang Bebas Korupsi, Bermartabat, dan Terpercaya, Terangnya.

Pimpinan DPRD Zulhelmi juga turut memberikan Apresiasi kepada Pengadilan Negeri Kabupaten Bengkalis yang telah Mendeklarasikan Pencanangan Zona Integritas dan Penandatanganan Piagam Pencanganan Pembangunan Zona Integritas, sebagai komitment menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
“Untuk menuju WBK dan WBBM haruslah ada persepsi bersama antara seluruh stakeholder agar benar-benar terwujud wilayah bebas KKN serta memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat, dalam rangka menjaga, membangun dan memajukan daerah Bengkalis”, Ujar Zulhelmi

Ikut menghadiri Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili Asisten II Syamsudin, Kapolres Kab. Bengkalis AKBP. Yusup Rahmanto, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti Budi Raharjo, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Khoiriyah Roihan, Kepala Lembaga Permasyarakatan Bengkalis diwakili PLH Lapas kelas II A Eflizar, Kepala Imigrasi Bengkalis Toto Suryanto, Kepala BEA Cukai Bengkalis Mochamad Munif, Kepala Badan Pertanahan Nasional Bengkalis H. Subiakto, Pejabat Pimpinan tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkup Pemerintah Kab. Bengkalis, Ketua LAMR H Zainudin Yusuf, KNPI, MUI, PWI, dan Kepala BRI, Advokat/Posbakum Pengadilan Negeri Bengkalis. (Adv/Hms)

(sumber foto-foto: website dprd bengkalis)

Previous Bupati Inhil Kunjungi Nursiah, Penderita Tumor Ganas Di Wajah
Next Sekda Inhil Pimpin RUPS PD BPR Gemilang

About author