Puskesmas Sapta Taruna Terjun Langsung ke Masyarakat Guna Cegah Penyebaran Virus Corona

0

Pekanbaru (AmiraRiau.com) – Menghadapi pandemo Corona Virus atau Covid-19 bukan hal yang sederhana. Dalam penyebarannya virus ini tak tebang pilih, bisa dialami oleh siapa saja. Dalam upaya pencegahan penyebaran Vorus Corona, Gubernur Riau H. Syamsuar M.Si mengintruksikan seluruh puskesmas di Provinsi Riau untuk mensosialisasikan kepada masyarakat hingga ke wilayah terdalam.

Sabtu (21/03/2020) Puskesmas Sapta Taruna turun langsung ke masyarakat dengan mededukasi masyarakat di sekitar Kelurahan Tangkerang Utara dan kelurahan tangkerang Labuai. Ada lima hal pokok yang menjadi himauan, yaitu tidak melakukan aktifitas di luar rumah kecuali untuk urusan yang mendesak, membatasi kegiatan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang, tidak melaksanakan perjalanan ke luar kota atau luar negeri, membiasakan pola hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan sesering mungkin, makan makan yang bergizi, dan rajin berolah raga untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta menghimbau untuk orangt tua yang memiliki anak usia sekolah agar mengawasi dan tetap berada di rumah.

“Saat ini kita turun langsung ke masyarakat untuk mengingatkan kembali sebagai bentuk perpanjangan tangan dari Gubernur Riau barangkali masih ada yang belum mengetahui informasi dan untuk mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Satu hal penting yang perlu dialkukan adalah agar warga tidak panik karena kepanikan akan menurunkan daya tahan tubuh yang dibutuhkan untuk melawan virus corona ini”, jelas Ibu Desi dari tim Pomosi kesehatan Puskesmas Sata Taruna saat melakukan sosialisasi di lingkungan RW 010 Kelurahan tangkerang utara.

“Saat ini, puskesmas sapta taruna memberlakukan prosedur kesehatan dengan melakukan cuci tanga dengan sabun kemudian scanner sebelum melayani pasien. Begitu juga pasien, akan melakukan sterilisasi terlebih dahulu sebelum mendapatkan pelayanan keehatan”, tambah Ibu Inof dari tim kesehatan lingkungan Puskesmas Sapta Taruna.

Petugas Puskesmas Salta Taruna menempelkan brosur berisi upaya pencegahan penyebaran virus corona.

“Saya mendengar virus corona itu memang berbahaya tapi kita bisa waspada dalam menjaga kesehatan. Untuk sosialisasi yang dilakukan oleh Puskesmas Sapta Taruna sangat bermanfaat sehingga kita bisa lebih meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keluarga dari virus corona ini”, jelas Rini Juwita salah seorang warga RW 010 Kelurahan Tangkerang Utara.

Selain sosialisasi langsung, Puskesmas Sapta Taruna yang dikepalai oleh Dr. Kiki Efiana juga membentuk sebuah tim apabila ada yang datang ke puskesmas dengan keluhan mengarah kepda virus corona akan ditangani secara khusus bahkan sampai yang dinyatakan OPD dan PDP menjelang dirujuk ke rumah sakit. Bila ada warga yang mengalami gejala yang mengarah kepada virus corona agar dapat memeriksakan diri ke Puskesmas Sapta taruna untuk segera ditangani dan untuk kasus yang serius akan dirujuk ke RS. Arifin Achmad.(Amira)