Pulau Jemur, Andalan Sektor Kepariwisataan Rohil ke Depan

0

NAMA Pulau Jemur lekat dengan istilah ‘Pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah ‘Pak-ku’ hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau. Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari Ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi, dan 45 mil dari Negara Tetangga yakni, Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur. Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil Lainnya.

Pulau Jemur adalah salah satu Objek Wisata di Sumatera tepatnya di Kabupaten Rokan Hilir. Meski Objek Wisata ini tidak begitu populer di Sumatera, tapi keindahan alam di Pulau ini tidak bisa di anggap sepele. Pulau Jemur memiliki Pemandangan dan Panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya, di samping iti Pulau Jemur dihuni oleh Spesies Penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya.

Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.
Bila dilihat dari potensi, letak dan posisi Pulau Jemur sangat cocok di kembangkan menjadi kawasan Resort, dimana berbagai kegiatan wisata sangat banyak untuk dapat dikembangkan di Pulau Jemur ini, diantaranya, berselancar, menyelam, dayung dan sebagainya.

Dalam menjaga kelestarian pulau jemur tersebut, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dengan komit untuk membenah pulau jemur yang terletak di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Hal ini sebagai upaya untuk menjadikan pulau jemur tersebut sebagai tempat wisata yang andalan. dan secara bertahap membangun pulau yang menyerupai pemandangan pulau dewata, propinsi Bali itu tengah dibenahi secara bertahap.

“Gugusan pulau jemur saat ini tengah kita benahi untuk dijadikan sebagai tempat wisata andalan negeri seribu kubah, karena pulau jemur ini salah satu aset yang kita miliki dan sangat diyakini nantinya mampu meningkatkan Pendapatan Asil Daerah (PAD) disektor kepariwisataan,”kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, belum lama ini di Bagansiapiapi.

Pulau yang terletak diselat melaka dan berbatasan langsung dengan Por klang, Malaysia itu sejauh ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat tempatan karena keindahannya. Nah, keindahan pulau ini tentunya harus kita lestarikan dan dijaga oleh semua pihak agar tidak dicaplok oleh pihak luar.

“Untuk menjaga Pulau ini tentunya tidak hanya dibebankan kepada TNI, Polri mapun pihak terkait lainnya, akan tetapi pulau ini juga tanggungjawab kita bersama untuk menjaganya, termasuk masyarakat Rohil, “tutur Suyatno, dilansir rohilonline.com.

Agar pulau jemur itu bisa diketahui dan dikenal oleh masyarakat luar Rohil, dirinya mengajak masyarakat untuk ikut mempromosikannya lewat jejaring sosial berupa Face Book (FB) maupun melalui sanak famili yang berdomisili diluar rohil. “kalau fasilitas, sarana dan prasarana dipulau jemur telah mulai kita lengkapi secara bertahap. saat ini dipulau itu telah ada dermaga terapung, penginapan dan lain sebagainya,” ujar Suyatno.

Dilanjutkan, Tahun ini pemkab rohil juga akan memprogramkan pembangunan tower telekomunikasi dan air bersih dipulau jemur. karena dipulau itu sangat susah melakukan komunikasi dan kebutuhan air bersih. Sementara penerangan listrik dipulau itu telah ada listrik solar Selt. “yang penting adalah tower telekomunikasi dan air bersih, makanya tahun ini akan kita programkan pembangunannya, “janjinya.

Selain membenahi pulau jemur itu melalui dana APBD secara bertahap, pemkab rohil katanya juga membuka peluang bagi investor yang berminat untuk menanamkan modalnya untuk pulau tersebut. “jika investor berkeinginan, Pulau itu juga bisa dibangun kereta gantung yang menghubungkan pulau satu kepulau lainnya, karena pulau jemur memiliki 9 pulau, “pungkasnya.

Kunjungan Bupati kepulau jemur (Jemur Island) itu turut didampingi oleh ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan, Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi, Kapolres Rohil AKBP Subiantoro SH Sik, Ketua MUI Rohil Drs H Wan Achmad Syaiful Msi, Para Pimpinan SKPD, Camat Palika M Idris, Kapus Panipahan Dr Hj Netty Juliana, dan pihak terkait lainnya.

Penyu Hijau adalah hewan langka yang di lindungi oleh Pemerintah. Jika anda ingin berwisata di pulau ini, anda bisa melihat langsung penyu hijau terutama di malam hari. Di kawasan pulau ini memang ada penangkaran penyu hijau, tapi sepertiny akhir-akhir ini program penangkaran tersebut tidak sepenuhnya berjalan dengan baik.

Di pulau ini tidak begitu ramai, tapi kenyamanan yang sesungguhnya akan anda temukan disini. Untuk mencari suasana yang tenang, jauh dari keramaian kota. Tempat Wisata ini bisa menjadi pilihan anda. Beningnya air laut, suasana pulau yang tenang, akan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya.

Untuk mencapai pulau ini tidak begitu sulit, anda bisa melalui Ibukota Kabupaten Rokan Hilir, yaitu Bagan Siapi api dengan menaiki speed boat. Lama perjalanan kurang lebih 2 jam, selain itu bagi anda yang merupakan negara tetangga yaitu Malaysia, bisa langsung dari sana. Karena Pulau Jemur ini berbatasan langsung dengan Malaysia.

Nah, sekian ulasan mengenai Pulau Jemur ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda yang sedang mencari tujuan wisata alam yang nyaman, yang jauh dari keramaian kota. (Adv/Hms)
1042798742-jmrhju