Kapolres Meranti Bantu Taman Baca Suku KAT Desa Tanah Merah

MERANTI – Kapolres Kepulauan Meranti Polda Riau AKBP Andi Yul LTG SH SIk MH, Sabtu (22/7/2023) pagi, menyambangi patroli kamtibmas dan menyerahkan bantuan kepada pengurus serta anak-anak suku KAT (Komunitas Adat Terpencil) di taman baca dan berhitung Desa Tanah Merah, Kecamatan Rangsang pesisir.

Giat tersebut ikut dihadiri Kabag Ops Polres Kompol Yudi Setiawan SH MH, Kabag Logistik AKP Wisnu Budiarto, Kasat Intelkam AKP Josrizal SH, Kasat Lantas AKP Boy Setiawan SAp MSi, Kapolsek Rangsang Iptu AGD Simamora SH MH, Bhabinkamtibmas Desa Tanah Merah AIPDA Andri Kurniawan SH, Kaur Perencanaan Desa Tanah Merah Rahman, serta pengasuh sekaligus guru taman baca Upik dan Nila.

Kedatangan Kapolres dan Pju disambut dengan hangat oleh pengurus dan anak-anak suku KAT setempat.

“Sambil patroli kamtibmas, kita menyambangi taman baca dan berhitung bagi anak-anak suku KAT di pulau terluar, yakni di Desa Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir,” ungkap Andi Yul.

Di kesempatan itu, sebut Kapolres, pihaknya juga menyerahkan bantuan berupa buku bacaan dan berhitung, alat tulis serta alat peraga kepada pengurus dan anak- anak di taman baca yang berlokasi di Dusun Tanjungsari Desa Tanah Merah tersebut.

Bahkan, Kapolres juga menyempatkan diri ikut mengajarkan anak-anak disana membaca dan berhitung.

“Kami mengapresiasi kegiatan belajar mengajar yang merupakan swadaya dari masyarakat disini. Untuk itu, kami kesini memberikan bantuan berupa buku bacaan dan berhitung, alat tulis serta peraga untuk membantu anak-anak belajar,” tuturnya.

Andi Yul mengaku bahwa hal itu merupakan salah satu bentuk kepedulian Polres Meranti terhadap dunia pendidikan, disamping untuk membantu warga desa.

Mengingat anak-anak ini merupakan generasi bangsa yang harus diperhatikan. Sehingga tujuan mereka untuk menggapai cita-citanya perlu didukung.

“Saya juga mengapresiasi Bhabinkamtibmas Aiptu Andri Kurniawan SH yang dengan kesungguhan membina anak-anak ini dengan menjadi tenaga pengajar. Tentunya ini merupakan suatu bentuk kepedulian Polri bagi pendidikan anak-anak pulau terluar,” ucap Kapolres.

Sementara itu, Upik, salah seorang pengurus sekaligus guru taman baca dan berhitung suku KAT tersebut berterimakasih kepada atas kunjungan Kapolres dan rombongan ke tempat mereka.

“Kami merasa diperhatikan atas partisipasi dan dukungan dalam mencerdaskan anak-anak generasi bangsa. Dengan kolaborasi dari Polri dan Pemerintah Desa, kegiatan belajar mengajar ini dapat berjalan dengan baik,” ucap Upik.

Serupa itu, Kaur Perencanaan Pemerintah Desa Tanah Merah, Rahman juga tidak lupa mengucapkan rasa terimakasih dari pihaknya atas kunjungan Kapolres dan jajaran ke desa mereka, khususnya di taman baca dan berhitung tersebut.

“Kami juga berharap dengan kolaborasi semua pihak kita dapat melahirkan generasi bangsa terbaik dari tempat taman baca dan berhitung anak-anak suku KAT ini,” tutur Rahman.

Untuk diketahui, sebelumnya, Bhabinkamtibmas Desa Tanah Merah Aiptu Andri Kurniawan SH, disela-sela bertugas menyempatkan diri mengajar membaca dan berhitung terhadap anak-anak suku KAT di desa itu. (bm)

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar