PKK Rohul Berikan Penyuluhan Pencegahan Dini Kanker Serviks

0

ROHUL (AMIRARIAU.COM) – Ketua PKK Kabupaten Rokan Hulu, Hj Maghdalisni Achmad bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul, menggelar penyuluhan mencegah panyakit kanker serviks, Selasa (21/4/2015).

Acara yang dipusatkan di Puskesmas Rambah ini, sekaligus  untuk memperingati Pencanangan Gerakan Nasional Deteksi Dini Kanker Serviks Tingkat kabupaten Rohul. Dan acara turut dihadiri Bupati Rohul, Drs H Achmad MSi, Ketua DPRD Rohul, Nasrul Hadi ST MT, Direktur RSUD Pasir Pangarain, dr Wildan Aspan hasibuan MKes serta Camat se kabupaten Rohul.

Ketua PKK Kabupaten Rohul, Hj Maghdalisni Achmad dalam sambutannya mengatakan acara pencanangan Gerakan Nasional Deteksi Dini Kanker Serviks ini dilaksanakan serentak se Indonesia. Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya Kanker Serpik ataupun Kanker Rahim ini.
Adapun latar belakang penyebab penyakit yang menyerang kaum wanita ini, kata Maghdalisni, karena adanya infeksi pada alat vital wanita dan menyerang rahim wanita.
 
“Dalam versi WHO pengidap penyakit Kanker Serviks ini tiap tahun meningkat. Penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian,” kata Maghdalisni yang juga anggota DPRD Riau ini.

Untuk Kabupaten Rohul, menurut Magdalisni masih minim pemeriksaan maupun penyuluhan tentang penyakit kanker serpik ini.  Diakatakan,  pihaknya akan terus mensosilisakan kepada masyarakat mulai dari Kabupaten sampai ke Kecamatan se Kabupaten Rohul.

Bupati Rohul, Drs H Achmad MSi dalam arahannya mengatakan, masyarakat harus memahami penyebab dari Kanker Serpik ini. Serta, masyarakat harus lebih waspada dan harus memeriksa secara rutin ke Puskesmas mengantisipasi penyakit ini.

“Khususnya kepada kaum wanita harus lebih waspada, dan lebih diharapkan kepada ibu-ibu baik yang sudah menikah maupun yang belum agar dapat memeriksa secara rutin ke puskesmas terdekat. Karena, penyebab kanker serpik ini bisa juga dari prilaku hidup yang kurang sehat,” kata Bupati.
Bupati juga menekankan, agar dinas terkait (dinas kesehatan, red) dapat mensosialisasikan bahaya penyakit kanker serpik ini kepada masyarakat.

“Saya minta dinas kesehatan bekerjasama dengan puskesmas agar meningkatkan pemeriksaan kepada masyarakat. Untuk meningkatkan kesehatan masyarkat, sampai akhir bulan Mei mendatang untuk kabupaten Rohul harus mencapai 5000 pasien memeriksa kesehatan,” tegasnya.
Bupati mengatakan,  untuk anggaran APBD tahun 2015, Pemkab Rohul akan membangun dan merenovasi sarana dan prasarana 12 puskesmas di 16 Kecamatan di kabupaten Rohul. Hal ini, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.(Adv/Humas)

 19 total views,  1 views today