Pj Gubri Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana, Wapres RI: Penurunan Resiko Bencana Jadi Indikator Kinerja Kepala Daerah

Wakil Presiden (Wapres) RI, K.H Ma'ruf Amin resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (PB) 2024.

PEKANBARU, AmiraRiau.com – Wakil Presiden (Wapres) RI, K.H Ma’ruf Amin resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (PB) 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Pullman Bandung Grand Central, juga disiarkan melalui kanal Youtube BNPB Indonesia, Rabu (24/4/2024). Tampak hadir dalam perhelatan itu Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.

Dalam arahannya, Wapres menyebutkan, sebagai negara yang memiliki kondisi geografis dan geologi yang rawan bencana. Selama tahun 2023 tercatat 5.400 kejadian bencana di Indonesia, yang didominasi oleh bencana meteorologi.

Selain itu, Wapres juga menyebut, banyak kabupaten kota se Indonesia yang memiliki indeks risiko bencana tingkat tinggi, sehingga  menuntut upaya penanggulangan bencana yang lebih cermat dan inovatif.

Untuk itu, ia meminta agar seluruh langkah dan rencana tanggap daruruat harus mampu mengurangi dampak bencana terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

“Seluruh langkah dan rencana tanggap daruruat harus mampu mengurangi dampak bencana terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat,” pintanya.

Wapres, Ma’ruf Amin juga mengingatkan supaya segenap pemangku kepentingan, baik pusat maupun daerah, dituntut untuk berkomitmen dan meningkatkan kapasitasnya guna melindungi masyarakat dari risiko bencana.

Sehingga, ia menginginkan agar penurunan risiko bencana menjadi salah satu indikator kinerja kepala daerah.

“Penurunan risiko bencana sepatutnya menjadi salah satu indikator kinerja kepala daerah,” pungkas Wapres.***

Penulis: MCR, Editor: Alseptri Ady

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar