Pimpin Sidang Paripurna HUT Kampar ke-71, Ketua DPRD: Semua Pihak Harus Satu Pandangan

0

Kampar (AmiraRiau.com) – DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Kampar menggelar sidang paripurna istimmewa dengan agenda memperingati HUT (hari ulang tahun) Kabupaten ke-71, yang dipusatkan di Gedung DPRD Kampar di Bangkinang, Sabtu (6/2/2021). Sidang paripurna istimewa itu dipimpin Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST., yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kampar Repol SAg, Fahmil serta Toni Hidayat.

Menurut Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal, walaupun perayaan Hari Jadi ke-71 Kampar tahun ini tidak semeriah dari tahun-tahun sebelumnya, namun sidang paripurna istimewa tetap berjalan dengan khidmat. Seluruh staf Sekretariat Dewan yang dipimpin Sekwan Ramlah, terlihat kompak untuk memastikan acara berjalan sukses.

Foto bersama usai sidang paripurna HUT Kabupaten Kampar.

“Sidang paripurna peringatan HUT Kampar tahun ini berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain jumlah undangan dibatasi, kondisi sosial ekonomi masyarakat Kampar juga dalam tantangan besar karena Covid-19. Seperti disebutkan Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal, untuk tetap maju dan gerak pembangunan serta ekonomi berjalan, butuh kerja sama dan kekompakan seluruh pihak,” kata Faisal.

Ditambahkan, cita-cita Kampar maju itu tidak akan tercapai bila tidak ada kerja sama yang baik dan kekompakan seluruh elemen masyarakat Kampar. Kampar hanya bisa maju kalau seluruh elemen masyarakatnya juga berjuang, bekerja keras, saling menjaga, saling ingat-mengingatkan. Maka semua pihak harus satu pandangan, sesuai dengan semangat, terutama dalam kondisi “Basamo Mambolo Nagoghi”.

“Usia 71 tahun ini usia yang sudah tidak muda. Kalau manusia, ini sudah renta. Mudah-mudahan, walaupun di situasi pandemi, Kampar bisa tetap maju dan berkembang di segala bidang. Mengarungi penambahan usia, tentu kita berharap Kampar lebih maju, lebih jaya dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Faisal.

Ketua DPRD Kabupaten Kampar bersalaman dengan Bupati Kampar usai sidang paripurna.

Dikatakan Faisal, sidang paripurna itu merupakan rangkaian dari perayaan HUT Kampar ke-71 tahun 2021. “Sidang paripurna ini merupakan rangkaian seremonial yang amat penting untuk dilaksanakan oleh legislatif, eksekutif, pimpinan forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat, alim ulama hingga seluruh undangan dan masyarakat berkumpul penuh khidmad meski terbatas untuk mengikuti acara ini dengan menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid-19 dan juga secara virtual,” ungkapnya.

“Kami memohon maaf jika ada penyambutan kami selaku tuan rumah yang kurang berkenan kepada para undangan yang hadir atas kelancangan dan kekhilafan kami dalam melayani di rumah rakyat ini,” ujar Faisal.

Lanjut Faisal, dari perayaan HUT ke-71 Kabupaten Kampar ini, hendaknya merupakan wujud untaian kata serta sikap syukur kita kepada Allah SWT, dimana kita sebagai suatu negeri senantiasa mendapat lindungan dari Nya. “Sehingga dengan lindungan dari Allah SWT itu, membuat kita tetap bisa menjalankan amanah sebagai pelayan dan abdi masyarakat guna memajukan kehidupan masyarakat kita dari waktu ke waktu,” katanya.

“Berkenaan dengan pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, kita hendaknya selalu menjaga protokol kesehatan dengan cara mematuhi yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta selalu mencuci tangan,” tuturnya.

Selain itu, menurut Faisal, peringatan HUT ke-71 Kabupaten Kampar dimaksudkan untuk mengenang para penggagas dan pendiri, juga menjadi mementum dan sumber informasi dan menjadi perbaikan menuju kampar lebih maju. “Selama 71 tahun telah banyak capaian diraih dan melahirkan tatanan baru, kita juga dituntut unt bergerak cepat guna mencapai tujuan bersama. Mari kita warisi semangat para terdahulu, menjadi masyarakat kreatif membangun Kampar lebih maju,” ujarnya.
Faisal mengajak agar masyarakat Kabupaten Kampar jangan menjadi penonton di negeri sendiri. Dan DPRD Kampar selaku representasi masyarakat Kampar, sebutnya, selalu menjalankan tugas yang telah diamanahkan rakyat, untuk kemajuan Kabupaten Kampar.

Suasana sidang paripurna HUT Kabupaten Kampar ke-71.

“Mudah-mudahan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-71 ini bisa menjadi titik tolak melakukan perubahan perubahan yang lebih besar,” tutur Faisal.

Selain dihadiri Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH, sejumlah unsur Forkopimda dan kepala OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkup Kampar, juga tampak hadir Gubernur yang diwakili oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution. Sidang ini juga dihadiri anggota DPR RI Pemilihan Riau, Syahrul Aidi Maazat, LC. MA, Ketua DPRD Provinsi Riau, Wakapolda Riau Brigjen Drs. Taruna Bangun, M.Si dan Kasrem Kolonel Infanteri Junaidi.

Sejumlah tokoh adat, ninik mamak, tokoh masyarakat dan tokoh agama Kampar juga turut hadir. Sebagian besar pimpinan OPD Kabupaten Kampar mengikuti sidang secara virtual karena jumlah peserta tahun ini dibatasi akibat pandemi Covid-19.
Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH dalam sambutannya mengatakan, peringatan HUT Kampar semestinya bukan semata-mata peristiwa mengenang dan bergembira, namun lebih dari itu hendaklah dijadikan sebagai momentum strategis untuk melakukan kilas balik terhadap pembangunan yang telah dilakukan.

“Karena kita akan terus bergerak memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat,” kata Bupati pemegang gelar adat Datuk Rajo Batuah ini.

Sebelumnya, Bupati Catur mengatakan tepat pada hari ini Kabupaten Kampar genap berusia 71 tahun, Dalam memperingati hari jadi Kampar yang kita lakukan setahun sekali ini, tentunya mempunyai makna yang cukup besar, bahwa kita tidak ingin melupakan sejarah.

“Sesuai tema Mari basamo mambolo nagoghi, dan ini sangat relevan, karena Kampar adalah sebuah daerah yang terus berbenah dan bergerak maju, ” ujarnya.

Menurut Bupati Catur, di tengah pandemi ini, Kampar dihadapkan pada masalah komplek. Punya wilayah yang luas, Kampar juga kini didiami oleh beragam masyarakat. Hanya kerja sama dan persatuan yang bisa membawa Kampar bergerak maju.

Sementara Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution dalam sambutannya meminta kepada seluruh pemerintah daerah (Pemda) di Provinsi Riau, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan agenda-agenda pembangunan daerah. “Ini harus dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Wagubri.

Wagubri menyampaikan, tanpa kebersamaan tokoh masyarakat, pemuka masyarakat, ninik mamak, cerdik pandai, alim ulama, dunia usaha, kelompok profesional, generasi muda termasuk insan pers yang ada di Riau, tentu upaya yang dijalankan tidaklah akan berhasil dan bermanfaat secara maksimal.

Untuk itu, Wagubri juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk merapatkan barisan menyatukan tekad dalam semangat kerja sama dan persaudaraan demi mewujudkan kejayaan Kabupaten Kampar khususnya dan Provinsi Riau pada umumnya agar maju gemilang. “Mari kita rapatkan barisan demi mewujudkan kejayaan maju dan gemilang,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Wagubri juga mengingatkan, seiring dengan masih tingginya kasus Covid-19 di Riau, pemerintah masih berjuang terus menghadapi pandemi. Meskipun telah berkurang sedikit untuk di Provinsi Riau karena ada kecenderungan tingkat penurunan, namun ia meminta pemerintah kabupaten/kota untuk terus waspada.

“Menghadapi pandemi menuntut kebersamaan kita semua,” ujarnya, mengingatkan.

Wagubri berharap kepada kabupaten/kota tetap membantu pemerintah pusat dengan sosialisasi pencegahan pandemi wabah Covid-19 di masyarakat dan mendukung upaya pemerintah dalam mencegah dan memberantas wabah Covid-19 melalui pemberian vaksin gratis kepada seluruh lapisan masyarakat. “Upaya pemberian vaksin ini sebagai langkah strategis pemerintah dalam pemberantasan wabah pandemi Covid-19 saat ini dan juga menggerakan aktivitas ekonomi masyarakat secara normal,” katanya.

Sempena HUT Kampar tahun ini, berbagai harapan mengemuka dari sejumlah elemen masyarakat di daerah itu. Anggota DPRD Kampar dari Fraksi Gerindra Jama’an, S.Ag, misalnya, berharap di HUT Kampar ke-71 ada perubahan yang lebih baik, meski masih dalam masa pandemi Covid-19. “Harapan saya adalah terjadinya perubahan yang lebih bagus, meskipun masa pandemi ini belum berakhir, tapi kita secara bersama mari memberikan perubahan untuk Kabupaten Kampar,” ujarnya.

Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kampar ini juga mengajak semua elemen Pemerintah Kabupaten Kampar bersinergi membangun negeri sesuai yang disepakati bersama lembaga DPRD Kampar. “Seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Kampar agar bisa bersinerginya membangun untuk membangun negeri kita ini sesuai dengan apa yang kita sepakati, InsyaAllah kabupaten kita maju dan masyarakatnya sejahtera,” ungkapnya. (e2/dari berbagai sumber)