Pemkab Rohil akan Perbaiki Jembatan Pelabuhan Baru yang Terkikis Abrasi

0

BAGANSIAPIAPI, AMIRARIAU.COM-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir akan melakukan perbaikan Jembatan pendek Pelabuhan baru yang terkikis abrasi sekitar 2 meter yang menghubungkan ruang tunggu dan Pelabuhan milik pemkab Rohil di Jalan Pelabuhan Baru amblas.Mengakibatkan turap disekeliling lokasi ini miring dan jembatan kecil dengan panjang 2 meter itu amblas mencekung kedalam.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris daerah (Sekda) Rohil Drs H Surya Arfan M.Si kepada wartawan Rabu (21/10/15) saat melakukan peninjauan mengatakan Pemkab Rohil berjanji untuk segera memperbaiki Ini faktor alam jadi ini faktor yang tak di duga namun akan segera di perbaiki.

Sekda menegaskan, aliran air Sungai Rokan memang sangat deras sehingga membuat bagian pinggiran terkikis. Bahkan ia mencontohkan Pelabuhan lama di Jalan Utama, Nelayan yang kini sudha hilang. ”Bagian pelabuhan sudah dikikis air dan kini menjadi tepian SUngai Rokan,” katanya.

Bahkan, diperkirakan arus air Sei Rokan mencapai 8 Knot per Kilometer sehingga membuat tanah pinggiran sungai berangsur terkikis. Untuk kedepan, jangka panjang setiap turap yang akan dibanguan tidak lagi memakai turap tiang ataupun semen, hal ini dikhawatirkan derasnay arus Sei Rokan membuat turap kembali miring dan hancur. ”Kita akan buat pakai batuan seprti di Bengkalis karena lebih kuat dan kokoh dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama,” jelas Sekda.

Pemkab Rohil selalu memperhatikan sarana umum yang memang diperlukan oleh masyarakat, untuk itulah sesuai arahan Bupati H Suyatno apabila ada keluahan agar cepat ditanggapi. “Pak Bupati kita mengarahkan kita untuk cepat tanggap dan setiap info yang kita terima langsung kita cek dan berikan solusi untuk masyarakat.” pungkas Surya Arfan.

Saat peninjauan Sekda didampingi Asisten II H Hasrial, Asisten III H. Ali Asfar, Kadishut H Rahmatul Zamri dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) H Azhar Achmad Ali.(adv/pemkab)