Pemkab Inhu Berencana Patenkan Akik Laksmana Indragiri

0

RENGAT-Dalam berbagai kontes batu akik di Indonesia, nama batu akik Laksmana Indragiri sebenarnya sudah sangat terkenal. Karena itu, dalam waktu dekat nama Laksmana Indragiri akan segera dipatenkan sebagai salah satu batu akik asli asal Indragiri Hulu.

Hal itu diungkapkan Pelaksana tugas Sekda Inhu, H. Agus Rianto mewakili Bupati Yopi Arianto ketika membuka Promo Gemstone I Inhu seluruh Riau, Sabtu (7/2/2015) malam di Lapangan Hijau Rengat. Pameran batu akik terbesar di Provinsi Riau itu akan berlangsung dari tanggal 7-14 Februari 2015 mendatang.

“Rekan-rekan Indragiri Hulu Kreatif sudah menorehkan tinta emas karena berkat batu akik Laksmana Indragiri, nama Kabupaten Inhu cukup di kenal luas di Indonesia. Kita berharap potensi ini dapat terus digali agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pengerajin batu akik dan Pemkab Inhu akan terus mendukung upaya pengembangan melalui berbagai bantuan peralatan dan promosi,” ujar Agus.

Dikatakan, kebanggaannya dengan komunitas Indragiri Hulu Kreatif yang sudah mampu menggali potensi batu akik Inhu dan memperkenalkan dengan nama Laksmana Indragiri. Ia berharap nama Laksmana Indragiri dapat segera di patenkan sebagai satu ciri khas Inhu.

Agus berpesan kepada para perajin batu akik dapat bersama-sama memperhatikan dampak lingkungan, sehingga aktivitas pengolahan batu akik tidak merugikan masyarakat lain. “Agar batu Laksmana Indragiri semakin populer, saya berharap kepada pimpinan SKPD juga bisa mensosialisasikan kepada PNS dan pegawai lain di kantornya, sehingga minimal satu orang dapat menggunakan satu batu akik Laksmana Indragiri,” tukasnya.(frc)

 21 total views,  1 views today