Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Seberida

0

INHU (AMIRARAIAU.COM)-Kepala Dinas Kesehatan H. Suhardi membuka pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan di Seberida. Pada kesempatan itu, Suhardi juga menyerahkan 100 mukena dan kain sarung secara simbolis kepada perwakilan peserta.

Menurutnya, MTQ dilaksanakan sebagai kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi umat Islam dalam membaca dan memahami kandungan Al Quran. Sehingga akhirnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai bentuk kepedulian pemerintah, bersama DPRD tahun ini telah mengalokasikan dana melalui APBD tahun 2015 berupa bantuan guru Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA).

Diharapkan tokoh dan seluruh masyarakat bisa berperan aktif dalam membangun Indragiri Hulu, demi mencapai tujuan bersama, yaitu kesejahteraan masyarakat. Ditandai suara sirine dan pesta kembang api, akhir pekan lalu, pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Seberida resmi dibuka.

Di sela-sela pembukaan MTQ, dilaksanakan juga pengukuhan 30 pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ). Dengan pengukuhan tersebut, Kepala Kemenag Inhu H. Abdul Kadir mengharapkan para pengurus dapat menjalankan tugas serta tanggung jawabnya memberikan pembinaan serta pelatihan kepada masyarakat dalam bidang Al Quran.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Zaizul, S.Hut menyampaikan, pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Seberida akan berlangsung tiga hari mulai 24-26 April mendatang dan akan diikuti peserta dari 10 desa serta satu kelurahan. Sedangkan cabang yang diperlombakan adalah Tilawah Quran, Khafiz Quran, Fahmil Quran, Khottil Quran dan Syahril Quran. Selain itu, juga digelar bazar yang menampilkan berbagai kerajinan dari masyarakat desa di Seberida.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Camat Seberida Triyatno menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah bekerja keras mempersiapkan MTQ dan ribuan masyarakat yang meskipun hujan dan becek tetap semangat hadir.

Triyatno berharap, melalui MTQ selain mampu membentengi para umat muslim khususnya anak-anak dalam menyaring segala dampak negatif dari perkembangan teknologi yang begitu cepat, sekaligus melahirkan para tilawah-tilawah yang berprestasi. Dia juga mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk benar-benar mengaplikasikan program wajib mengaji yang sudah menjadi program dari pemkab demi melahirkan putra putri Inhu yang cerdas serta berahlakul karim.

Dikatakan, MTQ tingkat Kecamatan Seberida dipusatkan di lapangan sepakbola Kelurahan Pangkalan Kasai dan dihadiri sejumlah anggota DPRD, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Inhu H. Abdul. Kadir, Camat Seberida Triyatno, S. ST, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta ribuan masyarakat yang ikut larut dalam kemeriahan pelaksanaan MTQ tersebut.(hms)

 24 total views,  1 views today