Pejabat Rohul Dilarang Keluar Daerah Selama Pemeriksaan BPK RI

0

ROHUL, AMIRARIAU.COM-Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Riau, lakukan pemeriksaan reguler di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkungan Pemkab Rokan Hulu (Rohul), seluruh pejabat di jajaran Pemkab Rohul dilarang keluar kota.

Dimana tim BPK RI Perwakilan Riau yang datang ke Rohul diketua Dwi Rakhmadi, disambut dalam pertemuan dipimpin Sekda Rohul, Ir Damri Harun MM. Dalam pertemuan itu, membahas Pemeriksaan Pendahuluan Laporan Keuangan Pemkab Rohul Tahun 2014 di Convention Hall Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasirpengaraian, Selasa (10/2/2015) pagi.

Dipertemuan itu, dihadiri seluruh kepala SKPD, Camat, Lurah, PPTK Kegiatan dan seluruh Bendahara SKPD di lingkungan Pemkab Rohul. Sesuai jadwal, Tim BPK Riau akan berada di Kabupaten Rohul selama 30 hari, mulai 10 Februari 2015 hingga 9 Maret 2015 mendatang.

Dalam sambutannya, Ketua TIM BPK RI Perwakilan Riau, Dwi Rakhmadi menyatakan, pemeriksaan yang dilakukan pihaknya bersifat reguler setiap tahunnya. Dimana pemeriksaan itu dilakukan dalam dua tahap, yakni pada tahap pendahuluan serta tahap terperinci, juga peninjauan fisik kegiatan.

”Pemeriksaan dilakukan, bertujuan memberikan opini terhadap laporan keuangan anggaran tahun 2014 lalu,” sebut Dwi.

Dwi Rakhmadi juga menyebutkan, bahwa pemeriksaan dilakukan secara kewajaran, tidak bersifat akurat dan standar pemeriksaan penilaian sesuai standar akutansi pemerintah. Pemeriksaan juga memiliki konsep komunikasi terbaik terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah.

Dirinya meminta, seluruh dokumen seperti laporan saldo kas, BKU yang disusun Bendahara SKPD, agar diserahkan ke Tim BPK RI yang saat ini berkantor sementara di lantai dua Kantor Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Kabupaten Rohul.

Kata Dwi lagi, dari pemeriksaan dilakukan akan didapat beberapa opini, seperti WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), opini tidak wajar serta opini tidak memberikan pendapat.

Sekda Rohul Ir Damri Harun menyatakan, kegiatan pemeriksaan dilakukan BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, dan itu merupakan kegiatan reguler.

Sekda meminta, agar seluruh pejabat bagian keuangan di SKPD mengikuti rangkaian kegiatan pemeriksaan dengan baik dan memberikan laporan data yang diminta oleh Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Riau.

Dirinya menekankan, selama ada BPK RI Perwakilan Riau di Kabupaten Rohul, seluruh pejabat SKPD yang bersangkutan dengan pemeriksaan dilarang keluar kota atau dinas luar, kecuali ada hal yang penting atau mendesak terkait dengan tugas.

”Jadi tidak diperbolehkan, para pejabat keluar kota, dan agar para pejabat berikan laporan data, bila diminta tim BPK RI perwakilan Riau,” himbau Sekdakab Rohul Damri Harun. (Adv/Hms/Yus)

 18 total views,  1 views today