MTQ XVI 2019 Rohil Resmi Ditutup, Bagan Sinembah Sabet Gelar Juara Umum

0
27
Penyerahan piala penghargaan juara umum MTQ di Rokan Hilir.

Karena dikenal sebagai kabupaten dengan mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, maka setiap iven keagamaan yang diselenggarakan di Kabupaten Rohil (Rokan Hilir) mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat setempat. Apalagi iven keagamaan tingkat kabupaten. Termasuk di antaranya penyelenggaraan MTQ XVI tahun 2019 tingkat Kabupaten Rohil.

Baik acara pembukaan maupun penutupan berlangsung dalam suasana meriah, yang diikuti oleh ribuan masyarakat. Setelah berlangsung selama beberapa hari, Wabup (Wakil Bupati) Rohil (Rokan Hilir) Jamiludin menutup secara resmi MTQ XVI tahun 2019 tingkat Rohil, Minggu (4/8/2019) malam,di Taman Budaya Batu Enam, Rohil, Riau.

Hadir dalam acara penutupan tersebut, Kepala OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir,Ketua DPRD diwakili Anggota DPRD Rohil Habib Nur, Kapolres Rohil Diwakili Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Kodim 0321/Rohil diwakili Kasdim, MUI Rohil, Kepala Kemenag Rohil, Camat Se-Kabupaten Rohil, Lurah/Penghulu se-Kabupaten Rohil, Ketua LPTQ, Ketua NU,Ketua LDI,Tokoh Agama, Lurah/Penghulu,para Insan PERS,dan seluruh peserta yang mengikuti acara tersebut.

Acara penutupan di awali Tarian persembahan sikapur sirih,dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al’Quran oleh Qori,dan menyanyikan lagu Musabaqah Tilawatil Quran,serta diringi dengan lagu-lagu Qasidah,dan diakhiri dengan penurunan bendara MTQ Oleh Alumni pasukan Pengibaran Bendera.Dalam sambutannya, Wakil Bupati Rokan Hilir, Drs.Jamiludin mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia pelaksana yang telah bekerja keras, sehingga acara tersebut dianggap sukses.

“Kami pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mengucapkan rasa terimakasih kasih kepada seluruh panitia penyelenggara acara MTQ Yang Ke XVI,yang saya anggap sukses”,Kata Wabup, sebagaimana dilansir riaugreen.com.

Oleh karenanya lanjut Wakil Bupati,di kesempatan yang berbahagia ini,perlu kiranya saya ingat kembali bahwa,Musabaqah Tilawatil Quran yang kurang lima hari ini tidaklah
cukup,dan berhenti sampai disini,akan tetapi penyelenggaraan ini baru merupakan tahapan dan rangkaian proses didalam mempersiapkan Qori dan Qoriah,serta Hafiz dan Hafizah.

Untuk itu,dengan berbagai macam lomba yang telah dipertandingkan dalam Musabaqah Tilawatil Quran yang Ke-XVI Tahun ini,diharapkan generasi muda kita terhadap Alquran semakin mempelajari, memahami serta mengamalkan isi dan makna AlQuran itu sendiri. Oleh karena itu, perlu perhatian dan keterlibatan, serta tanggung jawab seluruh komponen dengan Pemerintah untuk bersama-sama dalam mengembangkannya di dalam kehidupan Masyarakat, agar Musabaqah Tilawatil Quran ini memiliki bekas dan pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata,Ucap Wabup.

Adapun Juara Umum dan 10 besar MTQ Yang Ke XVI Tahun 2019 Kabupaten Rokan Hilir adalah Sebagai berikut. Yaitu, Juara Umum 1 dipegang oleh Kecamatan Bagan Sinembah dengan perolehan nilai 62, Juara Umum 2 Kecamatan Simpang Kanan dengan Perolehan nilai 60,Juara Umum 3 Kecamatan Kubu Babu Salam dengan perolehan nilai 58,peringkat 4 diraih oleh Kubu dengan perolehan nilai 53. Selanjutnya, di urutan 5 Kecamatan pekaitan nilai 30,urutan 6 Kecamatan Pujud nilai 29,urutan 7 Kecamatan Tanah Putih nilai 20,urutan 8 pasir limau kapas nilai 15,urutan 9 Kecamatan Tanah Putih Th.Belawan,nilai 14,dan urutan 10 diraih oleh Kecamatan Sinaboi dengan nilai 13, Sedangkan Untuk Pawai Taaruf MTQ Ke-XVI Tahun 2019,Untuk tingkat kecamatan yakni, Juara 1 Dengan Nilai 700, jatuh kepada peserta nomor urut 1 yaitu Tanah Putih Tj.Belawan,Juara 2 Kecamatan Sinaboi dengan Nomor urut 4 nilai 698,sedangkan untuk Juara Ke 3 diraih oleh Kecamatan Tanah Putih dengan nilai 693 nomor urut 37.

Sementara itu,untuk Dinas Badan dan Kantor di pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir,Juara 1 diraih oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(BAPPEDA) dengan nilai 960,Juara 2 Nomor Peserta 28 dengan nilai 955 Jatuh kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir(DLH)dan Juara 3 diraih boleh Dinas Pemberdayaan Masyrakata Desa dengan nilai 922,sedangkan juara harapan 1 diraih Dinas Kesehatan nilai920,Harapan 2 Dinas Perkim nilai 917 dan harapan 3 diraih Inspektorat dengan perolehan nilai 910.
Untuk Qasidah Modern Juara 1 diraih oleh Jaya Sri Bestari,Juara 2 Nasik Sai Rokan,Juara 3 Nasik Al-falah,Harapan 1 SD Negeri 09 Labuhan Tangga Kecil,Harapan 2 Nasib Al-Jihad dan harapan 3 diraih oleh Pasir Limau Kapas.

Untuk diketahui Juara Umum MTQ Yang Ke-XVI untuk tingkat Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2019 ini,selain piala dan uang pembinaan,juga mendapatkan Piala bergilir dari Bupati Rokan Hilir,dan persiapan untuk MTQ Provinsi Riau yang akan digelar di Kabupaten Kampar.

Berjalan Sukses
Event keagamaan tingkat kabupaten itu sendiri resmi dibuka pada Selasa (30/7/19) malam oleh Wakil Bupati Rokan Hilir H Djamiluddin. “Pelaksanaan MTQ tahun ini saya menilai sukses. Mulai dari awal perencanaan sampai pembukaan malam hari ini luar biasa, pelaksanaannya berjalan tertib dan lancar,” kata Wabup kepada wartawan usai membuka MTQ secara resmi.

Ia menyampaikan, selamat datang kepada qori dan qoriah di Kota Bagansiapiapi. Mengingat saat ini arus globalisasi dan pergeseran nilai norma dan perilaku telah terjadi ditengah-tengah masyarakat. “Untuk itu dia mengharapkan agar nilai-nilai Islam dan spirit Qur’an harus
jadikan sebagi rujukan utama baik dilingkungan keluarga, lingkungan sosial maupun dalam tatanan kehidupan bangsa dan negara,” katanya.

Al Qur’an sumber ilmu pengetahuan, al quraan mengisi kisa kisa nabi. Dengan menghayati al quraan bisa kita ketahui meningkatkan keimanan dan ke taqwaan. “Pelaksaan MTQ bahwa sesungguhnya islam itu damai dan cinta damai. Islam itu mengajukan ukwah islamiah dengan membangunkan solidaritas antara sesama umat beragama,”terangnya, dilansir riaulink.com.

Menyikapi putra-putri Rohil mewakili MTQ tingkat nasional mendatang, Ia mengatakan bahwa itu merupakan prestasi yang luar biasa. “Semua itu berkat pembinaan yang selama ini dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Rohil. Ya kedepannya harus kita tingkatkan lagi, “ kata Wabup seraya berharap.

Wabup juga mengatakan kalau ajang MTQ yang setiap tahunnya dilaksanakan di Kabupaten Rohil untuk meningkatkan tali silaturahmi Ukhuwah Islamiah dalam membentuk masyarakat yang sejahtera, rukun, dan damai.”Selain itu, MTQ, juga bisa dijadikan sebagai daya dorong yang kuat dalam memacu pembangunan khususnya di sektor keagamaan. Dengan begitu, hubungan keagamaan antar umat Islam di Negeri Seribu Kubah ini bisa terjaga dan terjalin dengan baik,” katanya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Rohil itu juga mengatakan, untuk membangun suatu daerah tentunya harus menumbuhkan kekompakan tanpa ada membedakan suku, ras dan agama. “Untuk itu, dengan ivent MTQ ini diharapkan hubungan antar umat beragama baik itu muslim maupun non muslim bisa tetap terjaga dengan baik,” harapnya.

Pembukaan MTQ XVI diawali dengan penekanan tombol sirene oleh Wabup Jamiludin didampingi ketua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan, Perwakilan Kemenag Riau. Sementara pemukulan bedug dilakukan oleh Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan MSi, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Kasi Intel Kejari Rohil Farkhan Junaedi SH, dan pejabat penting lainnya.

Acara penutupan MTQ yang berlangsung meriah.

Diikuti 5.000 Peserta
Sebelumnya, Selasa 930/7/2019) sore, sekitar 5000 an peserta diprediksi memeriahkan pawai ta’aruf MTQ ke 16 tingkat kabupaten Rokan Hilir, yang dipusatkan di Jalan Merdeka,
Bagansiapiapi. Pawai untuk memeriahkan acara musabaqoh Tilawatil Quran tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Rokan Hilir Jamiluddin didampingi Sekretaris Daerah Surya Arfan, Forkompinda dan kepala OPD lingkungan Pemkab Rokan Hilir.

Dalam pawai ta’aruf tersebut turut dilombakan mobil miniatur antar OPD dan antar kecamatan sekitar 42 kantor. Tak hanya itu peserta juga berasal dari Organisasi Islam dan Organisasi Kepemudaan serta dari berbagai sekolah di Kecamatan Bangko. “Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat agar tetap menjaga keamanan,”ucap Wakil Bupati Rokan Hilir Jamiluddin membuka kegiatan pawai ta’aruf.

Pembukaan Pawai Ta’aruf ditandai dengan pelepasan balon dan burung merpati oleh Wabup, Sekda dan forkopimda. Dilanjutkan dengan pelepasan peserta pawai oleh Sekretaris Daerah Surya Arfan. Setiap kecamatan nampak memberikan penampilan terbaik. Mulai dari miniatur mesjid hingga peserta pawai dengan pakaian melayu yang seragam dengan berbagai hiasan. Bahkan tampan ada juga barisan yang semua pesertanya memakai payung.

Pada MTQ ke 16 ini, kabupaten Rokan Hilir mengangkat tema “kita tingkatkan kecintaan kita pada Al-Qur’an dalam rangka membangun kepribadian masyarakat yang berakhlakul Karimah”. Dengan tema tersebut, sebagaimana dilansir riaulink.com, diharapkan melalui MTQ, silaturahmi bisa terus terjalin. (adv/hms)