Mr. Meng Ji Wey Dirut China Railway dan Jerry Lumele Kunjungi Korban Banjir Jakarta

0

Jakarta (AmiraRiau.com) – Usai kunjungan Presiden Jokowi ke Natuna, Kepulauan Riau beserta rombongan dan kapal perang Rabu, 08 Januari 2020 terkait penerobosan teritori oleh kapal-kapal ikan China dikawal oleh Coast Guard China.

Hari ini situasi di perairan Natuna sudah kondusif dengan perginya kapal-kapal ikan China yang telah meninggalkan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia. Setelah kunjungan Jokowi ke Natuna Riau, pemerintah China terlihat melunak melalui
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang menegaskan bahwa isu Natuna tak menggoyahkan jalinan kemitraan strategis antara negaranya dan Indonesia.

Apalagi, kemitraan yang terjalin antara kedua negara telah memasuki tahun ke-70.
Jubir Kemenlu China menyatakan mereka lebih mengutamakan hubungan bilateral kedua negara, permasalahan tersebut diselesaikan secara jalur diplomatik antara Beijing dan Jakarta.

Dubes China untuk Indonesia Xiao An menyatakan Indonesia dan China ibarat teman baik yang tengah berbeda pendapat.

Presiden Jokowi dalam kunjungannya kemarin ke Natuna menyatakan bahwa Natuna Riau adalah bagian dari NKRI, Indonesia memiliki Hak sepenuhnya berdaulat atas sumber daya laut di Natuna.

Usai Presiden Jokowi ke Natuna, selain kapal China langsung keluar dari ZEE Indonesia. Jerry Lumelle Wakil Ketua Lembaga Ekonomi dan Keuangan Syariah RI langsung menggiring BUMN China Railway untuk ikut berempati mendistribusikan donasi ke para korban banjir pada Kamis (09/01/2020) Bersama Dirut China Railway Mr. Meng dan team mereka langsung turun ke rumah warga korban banjir di daerah Kampung Melayu Kecil, Bukit Duri Tebet Jakarta Selatan membawa satu pick up sembako, selimut, air mineral.

“Daerah Kampung Melayu Kecil sempat terendam banjir dengan ketinggian air 3 meter dan 3 orang meninggal dalam musibah banjir yang menimpa DKI di awal Januari tahun 2020” ujar Ibu RW.

Didampingi Ibu RW menengok seorang ibu paruh baya yang suaminya meninggal dalam musibah banjir tersebut dan para korban banjir lainnya di daerah tersebut.

Pewarta : Lili J.