Menyambut Ramadhan, Ade Hartati Gelar Festival Rebana

0

Pekanbaru (AmiraRiau.com) – Sebanyak 31 grup rebana dari berbagai wilayah mengikuti Festival Rebana yang diadakan Ade Hartati Rahmat, M.Pd pada Minggu (28/03/2021) di Hotel Bono Jalan Riau, Pekanbaru.

Tidak hanya dari Pekanbaru, tetapi juga daerah sekitar seperti Dutri, Dumai, Kampar, dan Bengkalis.

“Kita adakan festival rebana dalam rangka bersuka cita menyambut bulan Ramadhan. Selain itu juga cara kita bersilaturahmi bersama ibu-ibu sekaligus mendengarkan aspirasi agar kita tau bagaimana kondisi di masyarakat saat ini,” jelas Ade.

Lagu rebana yang banyak mengandung nasehat juga diharapkan Ade dapat diikuti oleh generasi penerus.

“Kami berharap seni qasidah ini tetap hadir di negeri melayu ini, lagu-lagu qasidah mengandung banyak nasehat untuk mendidik anak-anak kita agar tidak jauh dari kehidupan Islami. Kita ingin nasehat itu tetap didengarkan oleh anak-anak kita, ” kata Ade.

Ade Hartati juga turut mendukung kegiatan grup rebana ini dengan menyediakan uang pembinaan sebesar 10 juta rupiah untuk beberapa kategori.

“Kami berharap uang pembinaan tersebut dapat digunakan untuk ibu-ibu berkegiatan, seperti untuk membeli properti atau seragam,” tutup Ade.

Drs, Yusri Mingka, SQ selaku Ketua Lasqi Kota Pekanbaru turut hadir sebagai ketua juri pada festival ini.

“Harapan kami semakin terjalin silaturahmi antar grup rebana dan semakin hidupnya rebana kita agar remaja kita juga mencintai rebana,” jelas Yusri.