Mengurangi Resiko Penularan Covid-19, Parkir Gunakan Sensor Tangan

0
Salah seorang pengunjung Plaza Sukaramai sedang mengambil tiket parkir dengan melakukan sensor telapak tangan.

Pekanbaru (AmiraRiau.com) – Pandemi Covid-19 belum juga usai. Namun kegiatan sosial ekonomi tak dapat dihentikan mengingat kebutuhan masyarakat yang terus berjalan. Masyarakat diharuskan mengubah perilaku untuk menerapkan gaya hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu penularan Covid-19 adalah melalui kontak langsung termasuk bersentuhan dengan benda yang telah disentuh oleh orang lain.

Saat kita memasuki kawasan umum, biasanya kita akan memarkirkan kendaraan dengan terlebih dahulu mengambil tiket parkir. Saat pandemi seperti ini tentu hal ini menjadi kekhawatiran banyak pihak, akan menjadi proses penularan Covid-19.

Untuk mengurangi resiko penularan, beberapa tempat umum di Kota Pekanbaru telah menerapkan sistem pengambilan tiket parkir dengan sensor, tanpa harus menekan sebuah tombol yang sebelumnya biasa silakukan.

Tempat tersebut antara lain Bandara Sultan Syarif Qasim II Pekanbaru, Plaza Sukaramai, beberapa rumah sakit, dan tempat umum lainnya.

Pengunjung cukup mengayunkan telapak tangan ke mesin sensor, kemudian secara otomatis akan keluar tiket parkir.

“Senang ya karena sekarang parkir tidak perlu lagi menekan tombol. Kita khawatir akan tertular Covid-19 juga. Sekarang cukup dengan sensor dari telapak tangan kita kemudian tiket langsung keluar,” papar Sri, salah seorang pengunjung Plaza Sukaramai Pekanbaru pada Minggu (25/10/2020).

“Sekarang kita sudah terapkan sensor parking untuk mengambil karcis. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi penularan Covid-19,” jelas Suryanto, Manager Operasional Plaza Sukaramai Pekanbaru.