Masyarakat Batu Hampar Usulkan Program Skala Prioritas

0

BAGANSIAPIAPI, AMIRARIAU.COM-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kecamatan Batu Hampar dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Rohil pada sabtu (7/2) diaula kantor camat Batu hampar di bantaian.

Musrenbang itu dihadiri oleh Kepala Bapemas Rohil,Hj.Murniwaty,Skm,Kepala BPBD Rohil,Azhar,SE,Msi,Kadistanak Rohil,Ir.Muslim,Kadiskanlut Rohil,M.Amin,Kapolsek Batu Hampar,AKP.H.Pakpahan,Camat Batu Hampar,H.Auzar Abdullah,S.sos,para eselon,Tokoh Masyarakat,alaim ulama,Tokoh pemuda dan undangan lain nya.

Dalam Sambutan nya camat Batu Hampar, Auzar Abdullah K.S sos mengatakan,masyarakat mengusulkan 3 Program Skala Prioritas ,yakni perikanan,pertanaian dan pendidikan.yang paling diharapkan masyrakat adalah peningkatan Insfraruktur pendidikan seperti semenisasi Lapangan SMP N 1 dan SMU N 1 Batu Hampar serta penambahan Lokal disetiap sekolah yang ada.

”Dalam musrenbang kali ini Masyarakat natu hampar mengusulkan program prioritas dalam pembangunan, di harapkan depan semua program diajukan dapat di penuhi oleh Pemkab Rohil,” ujar camat dalam sambutannya.

Menurut camat, Insfraruktur Sekolah-sekolah yang ada dikecamatan Batu Hampar banyak yang telah rusak,terutama jalan masuk menuju kesekolah dan sulit dilalui oleh kendaraan.untuk itu didalam Musrenbang ini usulan-usulan itu dapat direalisasikan oleh pemkab Rohil,sehingga Mutu pendidikan di kecamatan batu hampar akan meningkat.

Dikatakan camat, usulan yang disampaikan masyrakat adalah Usulan Skala Prioritas,untuk itu kita dari pihak kecamatan berharap kepada pemkab rohil memenuhi usulan itu saat dibahas di Musrenbang tingkat Kabupaten nanti. ”Sehingga usulan-usulan yang dibahas oleh pihak kepenghuluan yang ada dikecamatan batu hampar sedikitnya banyak nya di setujui oleh pemkab Rohil,” harap Auzar.

Selain pendidikan, masyarakat juga mengusulkan untuk meningkatan pendapatan dibidang pertanian dan perikanan,dimana saat ini pertanian dan perikanan sangat merosot.didalam musrenbang ini kita minta kepada Instansi terkait untuk memperhatikan kecamatan Batu hampar dibidang pertanian dan perikanan,sehingga kedepan nya mayrakat kecamatan Batu Hampar akan maju dan ekonomi masyrakatnya meningkat.

Menaggapi hal itu, Plt.Sekda Rohil, Surya Arfan mengatakan mengenai usulan peningkatatan Insfrakruktur pendidikan akan menjadi Prioritas pemkab Rohil. nanti setelah APBD rokan hilir diverifikasi dan disetujui oleh pemprop Riau,kita akan segera melakukan pembangunan jalan masuk menuju sekolah yang telah rusak.

Plt. Sekda berjanji akan memasukan Peningkatan Insfraruktur pendidikan yang ada dikecamatan Batu hampar ke Instansi terkait seperti Dinas pendidikan Rohil,Dinas bina marga dan pengairan (DBMP) maupun di dinas Cipta karya dan tata Ruang (CKTR). ”Intinya pemkab akan memprioritaskan peningkatan pendidikan yang ada di Rokan Hilir,” cetusnya.

Mengenai Pertanian dan perikanan, Kecamatan Batu hampar termasuk sentral pertanian,namun merosotnya hasil panen masyrakat dikarenakan bencana alam seperti banjir dan sebaginya. ”Kita tetap perhatikan masyrakat dikalangan petani, karena itu juga salah satu Program Pemkab Rohil,” bebernya

Namun, pihaknya berharap kepada masyrakat kecamatan Batu hampar supaya memanfaatkan lahan pertanian yang ada,jangan dikarenakan hasil merosot kemudian lahan itu dialih fungsikan ketanaman lain. karena menurut surya,lahan yang ada dikecamatan Batu hampar sangat cocok dijadikan lahan pertanian. ”Iidak semua lahan yang ada dikecamatan di rohil cocok untuk bertani,jadi lahan yang ada jangan sampai dialih fungsikan,” harap Surya. (Adv/Hms/Andi)