Mantap, DAK Bengkalis tahun 2019 Naik 100%

Mantap, DAK Bengkalis tahun 2019 Naik 100%

Bengkalis, AmiraRiau.Com – Dana Alokasi Khusus (DAK) yang kucurkan Pemerintah Pusat ke Kabupaten Bengkalis tahun 2019 lebih kurang Rp102 milyar. Atau meningkatkan 100 persen dibanding tahun 2018 yang jumlah sekitar Rp51 miliar.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra mengatakan, peningkatan DAK yang terima kabupaten berjuluk Negeri Junjungan tersebut tidak terlepas dari perjuangan Bupati Amril Mukminin.

Kata Heri Indra Putra, tahun 2018 lalu, bersama Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda dan sejumlah Kepala Daerah, Bupati Bengkalis memang langsung datang ke Jakarta mengantarkan usulan DAK untuk tahun 2019.

“Alhamdulillah, meskipun usulan yang diajukan beliau (Bupati Bengkalis) tidak semuanya dipenuhi, namun DAK untuk tahun 2019 ini meningkat lebih kurang 100% di banding DAK tahun 2018,” jelas Heri Indra Putra di ruang kerjanya, Senin, 14 Januari 2019.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra PutraTahun lalu, tepatnya Senin, 27 Agustus 2018, Bupati Amril Mukminin memang datang dan langsung bertemu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.

Selain Sekretaris Daerah H Busrtami HY dan Heri Indra Putra, turut mendampingi Bupati Amril bertemu Bambang Brodjonegoro, diantaranya Kepala Bappeda H Jondi Indra Bustian dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait.

Bupati Amril dan rombongan diterima Menteri PPN/Kepala Bappenas ruang rapat di samping ruang kerja Bambang Brodjonegoro. Di lantai I kantor Bappenas, jalan Taman Suropati No 2, RT 6/RW 4, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain membahas berbagai persoalan dalam konteks percepatan pembangunan di daerah ini, pada kesempatan itu, kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bupati Amril juga menyerahkan usulan kegiatan tahun 2019 melalui DAK.

Total anggaran DAK yang sudah approved (berkas dinyatakan lengkap dan diterima) yang diserahkan Bupati Amril, sebesar Rp699,396 miliar untuk 10 bidang kegiatan.

“Melalui aplikasi KRISNA Bappenas, sebenarnya total usulan kita Rp843 miliar. Yang diterima kurang lebih Rp699 miliar diterima. Sisanya, Rp51 miliar belum approved. Sementara Rp93 miliar ditolak,” jelas Bupati Amril, waktu itu usai bertemu Bambang Brodjonegoro.

Seperti dikatakan Heri Indra Putra, meskipun “tak penuh ke atas”, pertemuan Bupati Amril dan Bambang Bordjonegoro tersebut membuahkan hasil. DAK yang dikucurkan Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Bengkalis tahun 2019 meningkat sekitar 100 persen. Jika tahun 2018 hanya Rp51 miliar, tahun 2019 ini menjadi Rp102 miliar.

Sekedar informasi, DAK adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Previous Bagi yang Lalai Bakal Dapat Punishment, Bupati Amril Instruksikan Kepala Perangkat Daerah Segera Laksanakan Kegiatan DAK
Next Awal Tahun, Sejumlah Komisi di DPRD Bengkalis Intens Laksanakan Kegiatan

About author