Manjakan Lidah Disaat Liburan, Berikut Makanan dan Minuman Khas Pekanbaru

Sampedas Ikan Baung

PEKANBARU, AmiraRiau.com- Dari banyaknya makanan khas di sejumlah daerah di Indonesia ini, kota Pekanbaru Riau, menjadi salah satu destinasi wisata para pecinta kuliner.

Mulai dari pagi hingga malam hari, kota Pekanbaru akan selalu dipadati oleh para wisatawan maupun masyarakat lokal untuk mencari kuliner khas dan legendaris.

Makanan khas Pekanbaru umumnya menggunakan rempah-rempah khas Nusantara yang tentu saja rasanya akan sangat endeus di lidah! Mulai dari cemilan, lauk pauk, hingga minumannya pun benar-benar legendaris dan sulit ditemui di tempat lain. Sekalipun ditemukan di tempat lain, rasanya juga akan berbeda dari tempat aslinya yakni di kota Pekanbaru.

Lantas, apa saja makanan khas Pekanbaru yang legendaris? Dimana saja dapat ditemukan makanan-makanan khas Pekanbaru yang fenomenal dikenal masyarakat luas ini? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini.

1.Mie Sagu
Sepertinya memang Mi Sagu itu identik sebagai makanan khas suatu wilayah di Indonesia ya… sebab di Kalimantan juga memiliki makanan khas dengan nama yang sama. Perbedaannya tentu saja terletak pada bumbu yang termuat di dalamnya.

Pada mie sagu khas Pekanbaru ini, tampilannya terlihat sama dengan mie pada umumnya. Namun sesuai dengan namanya, bahan utama makanan khas ini adalah tepung sagu. Setelah sagu dibentuk seperti mie sedemikian rupa, kemudian barulah dicampur dengan berbagai bahan tambahan seperti udang, ayam, dan telur.

Jangan lupa juga campuran bumbu terasi, saus tiram, saus ikan, sehingga rasa mie sagu sebagai makanan khas Pekanbaru ini pun semakin unik dan beraroma.

2. Sampedas Ikan Baung dan Patin
Sampedas ikan Baung dan Patin dapat menjadi makanan khas Pekanbaru yang wajib disantap saat berkunjung ke kota ini.

Mengingat di kota tersebut memiliki banyak sungai seperti sungai Kampar, sungai Rokan, dan sungai Indragiri, sehingga tentu saja pasokan ikan sangat melimpah. Rasanya pun seperti sup pedas dan asam, cocok deh disantap saat siang hari di saat perut tengah lapar.

Coba saja datang ke Pondok HM Yunus Patin yang terletak kota Pekanbaru. Lokasi tempat makan itu tepatnya berada di Jl. Kaharuddin Nst No.1, Simpang Tiga, Kec. Marpoyan Damai.

3. Gulai Tunjang
Sebenarnya, makanan khas yang satu ini adalah masakan khas Padang, sehingga tentu saja dapat dengan mudah ditemui di kota Pekanbaru juga.

Makanan Gulai Tunjang ini memiliki bumbu dasar dengan rempah seperti santan, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, dan ketumbar. Sementara itu, bahan utama yang digunakan adalah kikil sapi dengan tekstur kenyal.

Bingung ingin mencicipi makanan khas ini tetapi tidak tahu dimana lokasi yang tepat, bisa mampir ke tempat makan Ketupat Gulai Tunjang dan Gulai Kambing CeLOK. Lokasinya terletak di Jl. Serindit, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi, Pekanbaru.

4. Roti Jala
Makanan khas Pekanbaru yang keempat adalah Roti Jala. Sebenarnya, Roti Jala ini adalah makanan tradisional khas masyarakat Melayu sehingga bisa juga ada di negara Malaysia sekalipun.

Hal tersebut karena wilayahnya saling berdekatan, sehingga kota Pekanbaru pun akan turut didominasi oleh masyarakat Melayu beserta kebudayaannya.

Nah, roti jala ini biasanya disajikan saat bulan Ramadhan atau saat Idul Fitri. Namun, ada juga yang menyajikan roti jala ini sebagai makanan saat diadakan acara pernikahan, syukuran, festival, hingga arisan sekalipun.

5. Bolu Kemojo
Setelah makan berat, ada baiknya mencoba makanan khas Pekanbaru yang manis sebagai hidangan penutup. Hidangan penutup yang memiliki tekstur lembut, kenyal, dan beraroma daun pandan adalah Bolu Kemojo.

Yap, kue favorit masyarakat kota Pekanbaru ini memang menggunakan bahan berupa santan kental dan daun pandan. Itulah mengapa, tampilan dari Bolu Kemojo ini berwarna hijau layaknya daun.

6. Es Laksamana Mengamuk
Setelah makan makanan berat dan kue manis, tidak afdol rasanya jika tidak turut mencoba minuman khas kota Pekanbaru yang memiliki nama unik, Es Laksamana Mengamuk. Minuman segar yang satu ini kurang lebih seperti es buah karena terbuat dari campuran buah mangga, es serut, susu, dan kental manis.

Namun, ada satu bahan yang membedakan dengan es buah, yakni pada Es Laksamana Mengamuk ini dicampur pula dengan santan.

Itulah beberapa makanan khas yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke kota Pekanbaru.

Penulis: Ady, Editor: Alseptri Ady

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar