LAMR Inhu Beri Gelar Adat Kepada Kapolres Inhu Datuk Seri Indra Bijaksana Negeri

LAMR Inhu Beri Gelar Adat Kepada Kapolres Inhu Datuk Seri Indra Bijaksana Negeri

INHU, AmiraRiau.com – Kapolres Indragiri Hulu AKBP Dody Wirawijaya mendapat gelar adat sebagai Datuk Seri Indra Bijaksana Negeri. Gelar itu diberikan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada Kamis (11/7/2024).

Pemberian gelar dilakukan di Balai Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Jalan Narasinga Kelurahan Kampung Dagang Kecamatan Rengat, Inhu. Dody menyampaikan rasa terima kasih atas gelar adat yang dia terima.

“Atas nama pribadi dan Polres Inhu mengucapkan terima kasih kepada LAMR Inhu dan pihak-pihak terkait lainnya, apa yang menjadi perhatian dan penilaian pihak LAMR Inhu tidak terlepas dari dukungan seluruh personel Polres Inhu hingga ke tingkat paling bawah,” kata Dody.

Dody juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Inhu terutama para Majelis Adat LAMR Inhu yang memberikan gelar adat kehormatan kepadanya yakni Gelar Datuk Seri Indra Bijaksana Negeri.

“Tentunya gelar Datuk Seri Indra Bijaksana Negeri ini merupakan kehormatan yang amat tingggi kepada saya,” ucap Dody.

Dody tak ingin banyak berjanji dengan anugerah gelar itu. Namun, dia berharap gelar itu akan membuatnya bisa menambah rekad, semangat dan baktinya kepada adat Melayu Inhu, termasuk bagi negara Indonesia.

“Saya mendengarkan dengan seksama pertimbangan majelis adat untuk memberikan gelar adat kehormatan kepada saya. Saya menjadi teringat selama mengemban tugas sebagai Kapolres Indragiri Hulu, amat sering saya mendapatkan masukan, pelajaran dan bimbingan dari LAMR Inhu,” jelas Dody.

Selama menjabat Kapolres Inhu, Dody memiliki memori, bukan hanya memiliki kesan tetapi penilaian bahwa masyarakat Kab Inhu adalah masyarakat yang Dinamis. Bukan tipe masyarakat yang statis, yang menyerah pada keadaan.

“Dan di situ muncul karakter yang kedua, aetelah karakter pertama dinamis tadi masyarakat Kabupaten Inhu memiliki fighting spirit yang tinggi, ingin berjuang, membangun hari esoknya yang lebih baik. Oleh karena itulah muncul berbagai pejuang, tokoh-tokoh sejarah dan pergerakan si Bumi Melayu Ini, khususnya di Inhu. Salah satunya adalah Raja Narasinga II dengan para pahlawan yang telah menjadi bagian sejarah negeri kita,” kata Dody.

Pemberian gelar adat dihadiri Wakapolres Inhu Kompol Teddy Ardian, Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmat, Datuk Seri H.R. Marjohan Yusuf selakuKetua Umum MKA LAMR Provinsi Riau, Kasdim Inhu Mayor Inf Kabul.

Sementara itu, Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmat mengatakan pemberian Gelar Datuk Seri Indra Bijaksana Negeri ini diberikan melalui penilaian yang dilakukan tim panelis dari berbagai unsur.

Di mana, AKBP Dody Wirawijaya dinilai layak menyandang gelar adat tersebut lantaran sangat dekat dan dapat mengayomi semua lapisan masyarakat.

“Gelar adat kali ini juga yang perdana diberikan di luar kepala daerah. Gelar ini bukan atas nama jabatan tetapi untuk orangnya (Dody Wirawijaya) dan dapat digunakan selama hidup tetapi tidak bisa diwariskan,” kata Junaidi.

“Selamat kepada Bapak Tuan Datuk Seri Indra Bijaksana Negeri AKBP Dody Wirawijaya yang telah penganugerahan gelar adat,” pungkasnya.***

Penulis: MCR, Editor: Alseptri Ady

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar