Kursi Kosong Anggota DPR di Tahun Politik

Kursi Kosong Anggota DPR di Tahun Politik

Jakarta, AmiraRiau.Com-Kursi kosong paripurna DPR kembali tampak dalam penutupan masa persidangan II 2018-2019. Padahal, rapat ini adalah penutupan masa sidang DPR di tahun 2018 sebelum masa reses yang akan jatuh pada 14 Desember 2018.

Menurunnya kehadiran anggota DPR di tahun politik memang telah diprediksi banyak pihak. Karena Anggota DPR disibukkan dengan kampanye Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden yang sudah dimulai hingga April 2019.

Pantauan merdeka.com, Kamis (13/12), dalam ruang sidang saat ini tampak banyak kursi yang kosong. Rapat paripurna dimulai pukul 10.38 WIB. Berdasarkan perhitungan kepala (headcount) di ruang rapat paripurna sampai pada pukul 11.00 WIB, hanya tercatat 87 orang yang hadir.

Kesekjenan DPR sendiri enggan memberitahukan pada awak media berapa pastinya anggota yang hadir. Padahal, pada rapat-rapat sebelumnya, kesekjenan selalu terbuka pada media terkait berapa jumlah anggota yang hadir dalam rapat paripuna.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Utut Adianto tetap berlangsung sebagaimana telah diagendakan. Mulai dari, pembacaan laporan Badan Akuntabilitas dan Keuangan Negara (BAKN) DPR. Kemudian pergantian antar waktu (PAW), dua anggota Fraksi Hanura yaitu Sarifuddin Sudding yang diganti Tety Pinangkaan dan Muchtar Tompo digantikan Jalaluddin Akbar.

Kemudian baru pada agenda kedua yakni laporan Komisi I DPR dan pengambilan keputusan tingkat dua sejumlah rancangan undang-undang (RUU) kerja sama di bidang kerja sama pertahanan, Utut membacakan absensi persidangan. Padahal biasanya absensi selalu dibacakan pada awal rapat untuk memastikan anggota sudah kuorum.

“Perlu kami sampaikan bahwa kita sudah dapat mengambil keputusan karena rapat sudah kuorum. Berdasarkan catatan sudah 295 anggota yang hadir,” kata Utut di ruang rapat paripurna, Jakarta, Kamis (13/12).

Usai membacakan absensi, pantauan merdeka.com, jumlah anggota yang hadir ke rapat paripurna kembali bertambah. Berdasarkan headcount sampai pukul 11.30 WIB, jumlah yang hadir menjadi 125 orang. (e2)

(sumber foto: merdeka.com)

Previous Kisah Tragis Gadis Meranti, Sejak SD Disetubuhi Ayah Kandung
Next Penyuap Idrus Marham & Eni Menyerah, Terima Vonis 2 Tahun 8 Bulan Penjara

About author