KPUD Diminta Terima Dukungan Cabup Independen via Online

0

ROHUL,AMIRARIAU.COM-Sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kabupaten Rohul (Rokan Hulu) Desember mendatang, KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Rohul diharapkan bisa menerima persyaratan dukungan masyarakat khusus untuk calon independen melalui on line.

Menurut tokoh muda Rohul, Syarkawi, SE dan Hengki, SE, untuk memudahkan masyarakat Rohul yang tersebar pada 16 kecamatan dan 160 desa/kelurahan dalam memenuhi persyaratan dalam memberikan dukungan untuk calon independen, sebaiknya persyaratan dikirimkan melalui internet saja.

”Zaman saat ini kan sudah canggih, semua wilayah kecamatan di Rohul juga sudah memiliki akses jaringan internet. Makanya kita mengusulkan agar KPUD Rohul menerima persyaratan dukungan dari masyarakat, khusus untuk calon independen secara online,” kata Syarkawi dan Hengki kepada wartawan, Jumat (10/4) malam.

Disebutkan Syarkawi yang juga mantan Ketua Kadinda Rohul itu, warga cukup mengirimkan data pribadinya sesuai KTP dan nomor induk kewarganegaraan (NIK) melalui online untuk calon bupati yang maju melalui jalur independen.

”Tekhnisnya tak ubahnya seperti proses lelang proyek melalui LPSE,” ungkapnya.

Ditambahkan Hengki, setelah warga menyampaikan data pribadinya sesuai NIK, KPUD tinggal melakukan verifikasi data dan keabsahan dukungan warga melalui data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Rohul, serta turun langsung secara acak ke kecamatan atau desa dimana warga yang memberikan dukungan.

”Jika proses dukungan terhadap calon bupati jalur independen melalui online bisa dilaksanakan, hal ini yang pertama dilakukan di Indonesia, semuanya untuk memudahkan masyarakat serta memanfaatkan kemajuan tekhnologi, mungkin tekhnisnya saja yang perlu diatur sedemikian rupa agar tidak melanggar aturan,” kata Hengki, pengusaha muda sukses asal Tambusai itu. (Yus)

 18 total views,  1 views today