Korban Kritis karena Kabut Asap, 2 Dilarikan ke RSUD

0

ROHUL, AMIRARIAU.COM-Anak anak korban bencana kabut asap di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai berjatuhan.

Padahal mulai beberapa hari ini. Sudah Puluhan anak anak dan ibu hamil Rohul yang mulai diungsikan ke gedung Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

Menurut petugas di Gedung PMI Rohul, dua anak yang dirujuk ke RSUD Pasirpangaraian yakni seorang anak perempuan berusia 4,5 tahun karena mengalami batuk, demam, dan sesak nafas.

”Satu lagi anak laki-laki berusia 1,5 tahun mengalami diare,” ujar Suriyanti, petugas Puskesmas Rambah yang bertugas di Posko Kesehatan Bencana Asap di Gedung PMI Rohul, Sabtu (24/10/15).

Disebutkannya,petugas yang berjaga di Posko Kesehatan Bencana Asap dibagi tiga shiff, yakni pagi, siang dan malam hari. Setiap shiff ada dua petugas kesehatan. Sedangkan untuk dokter sistem on call.

Untuk diketahui, Posko Kesehatan Bencana Asap di Gedung PMI Rohul gratis ini sudah dibuka sejak Jumat (23/10/15) kemarin. Posko ini menerima bayi, anak-anak, dan ibu hamil yang memerlukan udara segar, dan pemeriksaan kesehatan gratis. Jika memang diperlukan, pengungsi juga bisa menginap di gedung ini.

Sejak dibuka, hingga hari kedua, masih sedikit warga Rohul yang tahu. Posko ini steril dari asap, karena seluruh ruangan menggunakan air conditioner atau AC.

Sebelumnya, Ketua PMI Rohul Magdalisni mengakui Posko Kesehatan Bencana Asap dapat menampung ibu hamil hingga sekira 120-140 orang dilengkapi tempat tidur. Sementara, ruangan khusus untuk bayi juga disediakan lengkap dengan kasur bayi.(Yus)