Ketua DPRD Rohil Lepas Lampion ke Udara di Perayaan Cap Go Meh

BAGANSIAPIAPI, AMIRARIAU.COM-Ketua DPRD Rokan Kabupaten Rokan Hilir Nasrudin Hasan beserta jajaran DPRD Rohil turut mendampingi Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp membuka perayaan malam Cap Go Meh, Selasa (22/2) di jalan klenteng. Malam perayaan Cap Go Meh tersebut dihadiri ribuan warga Tionghoa di depan Klenteng tertua di Bagansiapiapi.

Pantauan Wartawan, menyaksikan ribuan warga Tinghoa berbondong-bondong membawa keluarganya ke acara tersebut untuk menyaksikan Lomba lampu lampion, atraksi barongsai, dan tidak lupa pula kuda lumping yang ikut bagian dalam perhelatan perayaan cap go meh terebut.

Dalam acara tersebut juga didampingi Sekdakab Drs.H Surya arfan Msi, Kapolres Rohil, Kasdim 0321/Rohil, serta kepala Dinas, Badan, Tokoh Agama Tionghoa, semua Terlihat berbaur dengan masyarakat yang hadir.

Dalam sambutan Bupati, mengatakan untuk tahun depan perayaan cap go meh lebih meriah dan semarak.

”Kita harap tahun depan kemeriahan ini lebih semarak, semua lampion dipasang di sepanjang jalan, di semua sudut Kota Bagansiapiapi harus dipasang lampu lampion,” ungkapnya, dilansir riaugreen.com.

Bukan hanya warga Bagansiapiapi, namun warga Tionghoa dari luar daerah pun tertarik untuk menyaksikan acara tahunan itu mengingat perayaan Cap Go Meh tahun ini lebih meriah dibanding tahun sebelumnya.

Festival lampion yang digelar setiap tahunnya ini juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah, bahkan nantinya akan dijadikan sebagai iven pariwisata di Kabupaten Rokan Hilir.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, pemerintah daerah akan membicarakan hal ini bersama DPRD agar pada tahun 2017 bisa dianggarkan untuk pembuatan lampion.

”Akan kita programkan di APBD Rohil 2017,” sebut Bupati.

Festival lampion dalam rangka memeriahkan malam Cap Go Meh ini diikuti semua kelenteng yang ada di Bagansiapiapi, miniatur yang diperlombakan juga menggambarkan seekor monyet sesuai dengan Tahun Monyet Api bagi masyarakat Tionghoa.

”Tahun Monyet Api menurut kepercayaan kami akan membawa berkah bagi masyarakat Tionghoa, baik usaha yang ada didarat maupun dilaut,” kata salah seorang masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi Sudarman.

Acara tersebut berlangsung meriah dengan dihibur artis Malaysia, Taiwan dan artis lokal dengan lagu khas mandarin.***

(f: rgc)

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar