Keren, Indonesia Punya Lamborghini

0
Ilustrasi - Google

Siapa sangka dan siapa yang menduga negara Indonesia memiliki Lamborghini sendiri. Lamborghini ini kini sedang mendunia. Apa iya ?

Indonesia memiliki berbagai macam unggas yang unik. Seperti unggas yang satu ini, ayam Cemani. Ayam ini bukan sembarang ayam biasa. Ayam ini dijuluki ‘Lamborghini’ dalam dunia unggas. Ketika melihat unggas yang satu ini langsung terlihat keunikannya. Ayam asal Indonesia ini berwarna hitam arang. Tidak hanya hitam dari luar, tetapi semua organ dalam, tulang dan ototnya pun juga sama hitamnya.

Photo : Delish

Penyebabnya adalah karena mutasi genetik, efek tersebut dikenal sebagai fibromelanosis. Kata tersebut mungkin terdengar mencemaskan namun artinya sederhana. Ayam ini memproduksi melanin sekitar 10 kali lebih banyak dari ayam biasa.

Berdasarkan informasi dari Science Daily, mekanisme mutasi sudah dimulai sejak ayam dalam embrio. Hasilnya saat lahir adalah anak ayam kecil hitam menggemaskan.

Di pulau Jawa, ayam langka ini dipercaya mempunyai kekuatan mistis pada daging hitamnya dan telah digunakan dalam ritual sihir sejak abad ke-12. Karena corak gelapnya, ayam ini dipandang sebagai utusan penghubung antara dunia manusia dan dunia supernatural. Orang – orang Jawa pun percaya kalau Cemani dapat memberi kekuatan, reputasi dan kekayaan.

Paul Bradshaw dari Greenfire Farms, salah satu peternakan ayam Cemani paling terkenal dan terkemuka di Amerika, berpendapat bahwa hanya ada 2 area di tubuh ayam yang tak terpengaruh akan mutasi. Pertama unggas ini tetap menghasilkan telur berwarna krem (sekitar 60-100 buah per tahun) dan darahnya pun tetap merah karena hemoglobin.

“Ada kesan ajaib yang dibuat ayam. Ada sesuatu dari dunia lain tentang tinta gelap hitam di warna mereka, ” ujar Paul dikutip dari delish.com­ (6/2/17)

Photo : Delish

Apalagi jika ayam ini di bawah sinar matahari yang cerah, warna hitam agak berubah seperti hijau dan ungu. Efek ini begitu memukau. Kamu bisa mengerti mengapa orang Indonesia menghubungkannya dengan kekuatan mistis, tambah Paul.

Bagi orang luar Indonesia, tidak mudah untuk memiliki ayam Cemani. Misalnya, Departemen Pertanian Amerika melarang ayam hidup impor dari Indonesia karena kekhawatiran akan flu burung.

Tetapi Administrasi Perdagangan Internasional mengatakan orang tetap bisa menemukan peternak ayam Cemani di Amerika seperti Greenfire Farms. Unggas unik ini dihargai 200 dollar (Rp 2,6 juta rupiah) atau lebih. (Detik/ AP)