Kecamatan Bangko Dilanda Krisis Pekerjaan

0

BAGANSIAPIAPI, AMIRARIAU.COM-Kecamatan Bangko, Rokan Hilir (Rohil) sedang mengalami masa sulit karena dilanda krisis lowongan pekerjaan. Hal ini dikarenakan karena minimnya tempat perindustrian di Bangko.

Pelaksana tugas (Plt) Sekda Rohil, Surya Arfan, Jumat (13/02/2015) pun berharap agar pihak disperindag mampu mengembangkan potensi yang ada di Rohil ini. Misalnya dengan mengembangkan dan meningkatkan UKM-UKM lokal.

”Jadi jangan hanya fokus dengan industri galangan kapal yang kini hampir gulung tikar,” jelasnya kepada wartawan.

Surya mengatakan, pada tahun 2005 lalu galangan kapal yang ada di Bagansiapiapi berjumlah 114 dengan tenaga kerja puluhan ribu orang. Namun seiring perjalanan waktu, beberapa galangan kapal telah gulung tikar. Terutama karena sulitnya mendapatkan bahan baku berupa kayu.

”Kalaupun bahan baku-nya ada, itu sangat terbatas. Karena apabila dipaksakan dengan mengambil kayu dihutan secara ilegal, maka akan bertentangan dengan hukum dan undang-undang kehutanan,” paparnya lagi.

Karena itu harapannya ada di disperindag, terutama agar lebih aktif lagi memanfaatkan industri lain dan melakukan pembinaan kepada masyarakat. Jika UKM berkembang maka lapangan pekerjaan pun bisa tersedia. (Adv/Hms/Andi)