Karena Kabut Asap, Pemkab Rohul Batalkan Upacara Sumpah Pemuda

0

ROHUL, AMIRARIAU.COM-Untuk pertama kalinya dalam sejarah Rokan Hulu, Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 tahun yang jatuh hari ini, Rabu (28/10/15), dibatalkan karena kabut asap masih menyelimuti daerah itu.

Menurut Kabag Humas Pemkab Rohul, Syofwan, pembatalan upacara peringatan Sumpah Pemuda karena demi kepentingan anak-anak, apalagi saat ini pelajar sedang diliburkan akibat bencana asap.

”Asap dinilai membahayakan bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak dan pegawai perempuan yang sedang hamil, maka Pemkab Rohul membatalkan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini,” kata Shofwan kepada wartawan.

Di lain tempat, Ketua Panitia peringatan Hari Sumpah Pemuda, selaku Kabid Pemudadan Olahraga dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Rohul, Dahnil, mengakui upacara peringatan Sumpah Pemuda terpaksa di batalkan karena asap.

Upacara dibatalkan, karena dalam upacara itu tentu akan melibatkan pelajar dan ibu-ibu. Mengantisipasi dampak buruk asap bagi kesehatan, upacara ditiadakan tahun ini.

”Upacara Sumpah Pemuda dibatalkan, dari pada berdampak terhadap kesehatan anak-anak dan ibu hamil.Apalagi kabut asap masih terlihat pekat saat ini,” jelas Dahnil.

Sejak Rokan Hulu resmi dibentuk 16 tahun lalu, setiap tahun upacara peringatan hari sumpah pemuda secara rytin diadakan oleh Pemkab Rohul melalui Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga, baru pada tahun 2016 ini ditiadakan. (Yus)