Kantor Pos Pekanbaru Prioritaskan Disabilitas Penerima BST

0

Pekanbaru (AmiraRiau.com) – Penyebaran pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai akibat yang tak dapat dipungkiri. Semua lapisan masyarakat merasakan dampaknya. Sektor ekonomi tak luput terkena dampak. Banyaknya PHK dan anjloknya perekonomian membuat rakyat lapisan bawah menjerit. Bahakn untuk bertaha hidup mencukupi kebutuhan sehari-hari terasa berat.

Kementerian Sosial menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebesar 600 ribu rupiah selama tiga bulan berturut-turut mulai bulan Mei, Juni, hingga Juli. bantuan pemerintah yang disebut Bantuan Sosial Tunai (BST) ini diberikan kepada warga terdampak covid-19 untuk membantu ketahanan pangan.

Jumat (29/05/2020) dilaksanakan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk warga Pekanbaru di Kantor Pos Pekanbaru 28000 yang beralamat di jalan jenderal Sudirman Pekanbaru. Adapun penerima BST pada hari ini adalah warga Kelurahan Simpang Tiga, Tangkerang Labuai, Tangkerang Utara, Air Dingin, Tangkerang Selatan, Pulau Karam, Jadirejo, Kampung Melayu, Sukajadi, Kedungsari, Harjosari, dan kampung Tengah.

Dijadwalakan pembagian BST untuk 1.581 Kepala Keluarga dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore yang dibagi pada jam-jam tertentu untuk masing-masing kelurahan demi menghindari kerumunan. Upaya maksimal telah dilakukan Kantor Pos Pekanbaru dengan menerapkan protokol kesehatan, namun banyaknya warga yang tidak tau jam pembagian dan kekhawatiran tidak mendapatkan bagian, maka terjadilah penumpukan warga yang menunggu giliran untuk menerima BST.

Diantara 1.581 Kepala Keluarga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) terdapat beberapa penyandang disabilitas. Beberapa diantaranya mengunakan kursi roda, tongkat, bahkan ada penyandang tunanetra.

Melihat hal ini, pihak Kantor Pos memprioritaskan penyandang disabilitas untuk menerima BST tersebut tersebut dengan memberi kesempatan terlebih dahulu sebelum penerima lainnya.

“Kita priorotaskan lebih dulu warga penyandang disabilitas dan orang sakit agar mereka mendapatkan kemudahan dalam menerima BST ini. Kita tetap akan melaksanakan pembagian BST hingga tuntas dengan terlebih dahulu mempriorotaskan penyandang disabilitas,” jelas J selaku sekuriti yang bertugas untuk mengatur antrean yang menumpuk di Kantor Pos Pekanbaru.