Kabut Asap Kian Parah, PMI Rohul Buka Posko Balita dan Ibu Hamil

0

ROHUL,AMIRARIAU.COM-Palang Merah Indonesia (PMI) Rokan Hulu, membuka posko korban bencana Kabut asap, khususnya bagi bayi dan ibu hamil mulai hari ini, Jumat (23/10).

Di Posko Bencana Asap, PMI Rohul telah menyiapkan ruangan khusus isolasi bagi kalangan Balita, anak-anak dan ibu hamil yang membutuhkan suasana segar.

Posko terbuka untuk warga Rohul dari 16 kecamatan, dan warga luar daerah yang kebetulan singgah.

”Kami hanya sediakan ruang isolasi sebagai bentuk P3K,” kata Ketua PMI Rohul Magdalisni didampingi Wakil Ketua Bidang Pelayanan dan Sosial Wildan Asfan Hasibuan di Gedung PMI Rohul, kepada wartawan Jumat (23/10).

Magdalisni menerangkan ruangan isolasi khusus ibu hamil bisa menampung antara 120-140 orang. Sedangkan ruang isolasi khusus Balita tidak terbatas. Namun, di hari pertama ini, PMI Rohul baru sediakan kasus bagi Balita.

”Kalau kasur bayi kurang akan kita tambah lagi. Ruangan kita di atas juga belum terpakai,” jelas Magdalisni.

Istri Bupati Achmad itu menerangkan bahwa Posko Bencana Asap di Gedung PMI Rohul sebagai bentuk kepedulian PMI terhadap kesehatan masyarakat. Pasalnya, kadar udara baik di Rohul semakin menipis akibat semakin pekatnya asap kiriman dari daerah dan provinsi tetangga.

Wildan menambahkan bahwa Posko Bencana Asap di Gedung PMI Rohul dibuka selama 24 jam. Petugas kesehatan dari Puskesmas disiagakan di gedung sosial tersebut.

”Kita melibatkan Dokter, Perawat, Bidan, petugas Puskesmas Rambah, BPBD, TNI dan Polri,” tambah Wildan yang juga Dirut RSUD Rohul itu.

Sementara itu untuk konsumsi para korban yang mengungsi ke kantor PMI itu, disiapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, karena status Bencana Asap di Rohul baru berakhir 30 Oktober 2015 nanti. Dan jika pengungsi membludak, BPBD akan membangun dapur umum. (Yus)