Kabupaten Pelalawan Menjamin Pelayanan Kesehatan Masyarakatnya 100% Gratis

0

PANGKALAN KERINCI (AmiraRiau.com) – Kabupaten Pelalawan genap berusia 23 tahun hari ini, Rabu (12/10/2022). Berkomitmen membangun daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan memberikan hadiah istimewa untuk masyarakatnya dengan program layanan kesehatan gratis.

“Pemerataan layanan kesehatan merupakan salah satu program prioritas Pemkab Pelalawan. Salah satunya diwujudkan lewat program layanan kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat Pelalawan. Masyarakat tak harus bayar saat berobat di pusat layanan kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS, cukup menunjukkan KTP saja. Boleh dikatakan ini kado istimewa kami untuk masyarakat Pelalawan,” ujar Bupati Pelalawan, Zukri kepada Wartawan Parlemen Riau (WPR) saat silaturahmi di kediamannya, Komplek Perkantoran Bupati, Selasa (11/10/2022).

Untuk mendukung program layanan kesehatan gratis, dikatakannya Pemkab Pelalawan telah mengalokasikan anggaran yang tidak sedikit untuk mensupport kelompok peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Pemkab Pelalawan menanggung iuran BPJS Kesehatan masyarakat, dalam hal ini masyarakat tidak mampu. “Jadi tidak ada lagi istilah masyarakat yang tidak bisa berobat karena keterbatasan ekonomi. Semuanya sudah ditanggung pemerintah,” tegas Ketua DPD PDIP Riau ini.

Lebih lanjut, mantan Wakil Ketua DPRD Riau ini menyebutkan, bahkan atas komitmen memberikan keadilan perolehan kesehatan untuk masyarakat itu, Pemkab Pelalawan mendapat penghargaan dari pihak BPJS Kesehatan. Penghargaan itu adalah Universal Health Coverage (UHC).

Pemkab Pelalawan telah berhasil menjamin 100 persen kesehatan warganya. “Penghargaan ini diserahkan oleh BPJS Kesehatan di moment peringatan HUT Pelalawan ke-23. Penghargaan ini merupakan kado istimewa bagi kami dan seluruh masyarakat Pelalawan,” tegasnya.

Seperti diketahui dalam rangka memeriahkan HUT ke-23 Pelalawan, Pemkab Pelalawan menyelenggaran beberapa rangkaian kegiatan. Untuk kegiatan diselenggarakan selama 5 hari berturut-turut terhitung sejak tanggal 8-12 Oktober 2022.

Helat itu dipusatkan di lapangan IPAL PDAM milik dinas PUPR Pelalawan. Ada dua kegiatan utama yakni pameran pembangunan dan panggung hiburan meliputi kegiatan seni budaya.

Kegiatan panggung hiburan ini dimeriahkan oleh artis dan seniman lokal kabupaten Pelalawan, disamping itu pada panggung hiburan ini juga mendatangkan penghibur dari luar kabupaten.

Tak tanggung-tanggung, di panggung hiburan panitia mengundang penyanyi cilik ibukota yang sedang naik daun Farel Prayoga dan beberapa artis ibukota lainnya.

Berita ini sebelumnya telah terbit di Wartasuluh.com

https://www.wartasuluh.com/kado-istimewa-pemkab-pelalawan-di-hut-ke-23-masyarakat-tak-lagi-bayar-saat-berobat